Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan PM Italia Berlusconi Habiskan Malam Kedua di Rumah Sakit

Kompas.com - 07/04/2023, 21:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

MILAN, KOMPAS.com - Mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi menghabiskan malam kedua dengan tenang di unit perawatan intensif rumah sakit San Raffaele Milan dan bereaksi positif terhadap perawatan.

Ini disampaikan Menteri Luar Negeri Antonio Tajani pada hari Jumat (7/4/2023).

Taipan media miliarder berusia 86 tahun itu dilarikan ke rumah sakit pada hari Rabu (5/4/2023), yang meningkatkan kekhawatiran atas kesehatannya yang rapuh.

Baca juga: Mantan PM Italia Silvio Berlusconi Didiagnosis Leukimia

Dilansir dari Reuters, dia telah menderita kanker darah kronis selama beberapa waktu dan berada dalam perawatan intensif untuk infeksi paru-paru, kata dokternya pada hari Kamis (6/4/2023).

Tajani, sekutu lama perdana menteri empat kali dua kali, mengatakan kepada televisi pemerintah RAI bahwa dia telah berbicara dengan dokter pribadi Berlusconi Alberto Zangrillo dan gambar itu tampak lebih meyakinkan.

"Zangrillo memberi tahu saya bahwa dia tidur nyenyak, bahwa dia berada di bawah perawatan intensif dan bereaksi positif terhadap perawatan," kata Tajani.

"Ini memberi kita alasan untuk optimis. Berlusconi adalah singa dan juga kuat secara fisik. Kami ingin optimis," tambahnya.

Partai Forza Italia berlusconi adalah bagian dari koalisi sayap kanan Perdana Menteri Giorgia Meloni, meskipun ia tidak memiliki peran langsung dalam pemerintahannya.

"Di Forza Italia, kita semua bekerja dan mengikuti perjalanan penyakit dengan persahabatan dan cinta. Saya harap dia bisa pulih secepat mungkin," kata Tajani.

Meloni dan Wakil Perdana Menteri Matteo Salvini mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka telah berbicara dengan Berlusconi melalui telepon.

Baca juga: Eks PM Italia Silvio Berlusconi Masuk ICU

Forza Italia mengatakan Berlusconi juga telah berbicara dengan beberapa pejabat senior partai.

"Itu adalah panggilan telepon terbaik yang bisa saya terima," kata Salvini, yang merupakan pemimpin partai Liga anti-imigran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com