Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari ke-387 Serangan Rusia ke Ukraina: Update Insiden Tabrakan Pesawat Tak Berawak AS, Situasi Perebutan Bakhmut

Kompas.com - 18/03/2023, 06:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Al Jazeera

KYIV, KOMPAS.com - Pentagon akhirnya merilis video pencegatan pesawat tak berawaknya, menyusul insiden tabrakan yang melibatkan Rusia.

Kabar ini akan membuka rangkuman hari ke-387 serangan Rusia ke Ukraina Jumat (17/3/2023).

Informasi lain yang tak kalah menarik bisa juga Anda simak dalam paparan yang dilansir dari Al Jazeera berikut ini.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Tersangka Ancaman Pembunuhan Band Radja | Polandia Kirim Jet Tempur ke Ukraina

Insiden Pesawat Tak Berawak AS

- Pentagon merilis video pencegatan pesawat tak berawaknya di atas Laut Hitam. Menunjukkan jet tempur Su-27 Rusia mendekati pesawat tak berawak Amerika Serikat.

- Rusia membantah adanya tabrakan, dengan mengatakan pesawat tak berawak itu jatuh setelah melakukan manuver tajam, setelah secara provokatif terbang dekat dengan ruang udara Rusia di dekat Crimea.

- Kremlin mengatakan militernya akan memutuskan apakah akan mencoba dan mengambil puing-puing drone.

Situasi Perang

- Pasukan Kyiv terus menahan serangan Rusia di kota tambang garam Bakhmut yang sekarang telah hancur di Ukraina timur.

- Upaya Rusia untuk merebut Bakhmut sulit karena tidak ada tanda-tanda Ukraina siap untuk mundur, kata pemimpin wilayah Donetsk yang diduduki Rusia.

- Ukraina mengungkapkan pihaknya menembak jatuh drone buatan China di dekat Sloviansk di timur Ukraina.

Baca juga: Pengadilan Kriminal Internasional Perintahkan Penangkapan Putin

Diplomasi

- Rusia telah melakukan berbagai macam kejahatan perang di Ukraina, menurut Komisi Penyelidik Internasional Independen tentang Ukraina, sebuah badan investigasi mandat PBB. Rusia menolak laporan itu.

- China berharap Rusia dan Ukraina akan mengadakan pembicaraan damai, Menteri Luar Negeri China Qin Gang mengatakan kepada timpalannya dari Ukraina Dmytro Kuleba melalui panggilan telepon pada hari Kamis (16/3/2023). Menurut pernyataan dari kementerian luar negeri China, Beijing berharap semua pihak tetap tenang, rasional dan menahan diri.

Baca juga: Pria Ini Panik CCTV Rumahnya Tampilkan Tangan Makhluk Misterius, Ternyata...

- PBB mendukung seruan Turki dan Ukraina untuk perpanjangan 120 hari kesepakatan biji-bijian Laut Hitam setelah Rusia mengatakan hanya akan memperpanjang kesepakatan selama 60 hari.

- Polandia mengatakan menahan sembilan orang dari jaringan mata-mata Rusia yang diduga berencana mengganggu pasokan senjata ke Ukraina.

Baca juga: Pengusaha Ini Uji Chatbot GPT-4 untuk Pasarkan Bisnis, Hasilnya Tak Disangka

Senjata

- Polandia akan mengirim empat jet tempur MIG-29 ke Ukraina dalam beberapa hari mendatang, kata Presiden Polandia Andrzej Duda.

- Keputusan Polandia untuk menyerahkan MIG adalah keputusan berdaulat yang tidak akan mendorong Presiden AS Joe Biden untuk memasok pesawat F-16 AS ke Kyiv, kata Gedung Putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com