Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shakhtar Akan Sumbangkan 23 Juta Euro dari Transfer Mudryk untuk Bantu Korban Perang di Ukraina

Kompas.com - 17/01/2023, 10:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

DONETSK, KOMPAS.com - Klub Ukraina yaitu Shakhtar Donetsk akan menyumbangkan sebagian biaya transfer penjualan Mykhailo Mudryk ke Chelsea kepada para korban invasi Rusia.

Harga transfer Mudryk ke The Blues bisa mencapai 100 juta euro, dengan biaya awal 70 juta euro dan tambahan (add-on) terkait performa.

"Saya mengalokasikan 25 juta dollar AS (23 juta euro) hari ini untuk membantu tentara, pembela, dan keluarga kami," kata Presiden Shakhtar Rinat Akhmetov, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Rusia-Belarus Mulai Latihan Militer Bersama, Ukraina Khawatirkan Serangan Baru

"Uang itu akan digunakan untuk berbagai kebutuhan--mulai dari menyediakan perawatan medis dan prostetik serta dukungan psikologis hingga memenuhi permintaan khusus."

Proyek ini dinamai Akhmetov sebagai "Jantung Azovstal", sesuai nama pabrik baja di kota pelabuhan Mariupol yang dikepung berminggu-minggu oleh Rusia pada musim semi 2022. Tentara Ukraina lalu menyerah.

"Tindakan keberanian mereka tak tertandingi dalam sejarah modern," ujar Akhmetov.

"Itulah pengorbanan dan keberanian mereka yang membantu menahan musuh di bulan-bulan pertama perang, dan mari kita semua merasakan kemenangan Ukraina yang tak terhindarkan sekarang."

Akhmetov juga mengaku senang untuk Mykhaylo dan bangga padanya, karena pindah ke Chelsea.

Baca juga:

"Saya sangat yakin seluruh Eropa akan memuji permainan Mykhaylo yang brilian dan bagus."

"Di sisi lain, saya tidak pernah merahasiakan bahwa impian saya adalah memenangi trofi Eropa.

"Ini berarti pemain seperti Mudryk harus dibawa ke klub kami, ke kompetisi Ukraina kami, dan kami harus memenangi trofi Eropa dengan pemain seperti itu."

"Sayangnya, itu tidak mungkin sekarang, karena Ukraina berperang dalam perang yang mengerikan dan tidak adil yang dilancarkan melawan kami oleh Federasi Rusia. Tapi saya yakin kami akan menang."

Baca juga: Chelsea Tak Mampu Beli Bensin untuk Bus Tim, Kena Dampak Sanksi Rusia Invasi Ukraina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com