Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Minta Dukungan Portugal untuk Pencalonan Anggota Dewan ITU

Kompas.com - 25/09/2022, 09:58 WIB
Heru Margianto,
Irawan Sapto Adhi

Tim Redaksi

LISBON, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia meminta dukungan Portugal untuk pencalonan Indonesia sebagai Anggota Dewan International Telecommunication Union (ITU) Region E Australasia Tahun 2023-2026.

Dukungan yang sama juga diminta Indonesia untuk pencalonan wakil Indonesia yaitu Meiditomo Sutyarjoko sebagai Radio Regulation Board (RRB) World Radio Conference ITU.

Permintaan dukungan itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate kepada Sekretaris Negara bidang Digitalisasi dan Modernisasi Administrasi Portugal Mario Campolargo di Lisbon, Portugal pada Jumat (24/9/2022).

Baca juga: Perkuat Kerja Sama Digital, Menkominfo Johnny Plate Kunjungi Portugal

"Kalau dilihat dari gesture dan komitmennya, menteri Mario memberikan support yang tinggi terhadap usaha kita," kata Johnny di Lisbon, Jumat.

Selain meminta dukungan, Johnny mengunjungi Portugal untuk menjajaki peluang kerja sama kedua negara di bidang digital seperti kemungkinan menggunakan jaringan fiber optik Portugal menuju Amerika Serikat (AS) juga mengenai pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kedua negara.

"Sejak tahun 70 indonesia selalu duduk sebagai council. Kali ini kita juga ingin mendorong agar kita mendapat kesempatan kembali untuk duduk di ITU Asia Pasifik Council," ujar dia.

Dalam kesempatan itu Johnny juga menyampaikan arti penting adanya perwakilan Indonesia di Radio Regulation Board. Lembaga itu punya kewenangan mengatur slot orbit satelit. Indonesia saat ini tengah menyiapkan banyak kebutuhan satelit sehingga membutuhkan banyak slot orbit.

"Sehingga kita membutuhkan ada pejabat Indonesia atau yang mewakili Indonesia yang duduk di Radio Regulation Board," ujar dia.

Baca juga: Menkominfo: UU PDP Belum Tentu Sempurna, Akan Terus Disempurnakan

Pertemuan seluruh anggota ITU untuk pembaruan anggota dewan dan posisi- posisi pentingnya dijadwalkan dalam Plenipotentiary Conference ITU di Bucharest, Romania pada 26 September-14 Oktober 2022.

Jika berhasil kembali menduduki posisi dewan ITU, maka Indonesia akan masuk sebagai salah satu perwakilan dari 13 anggota lainnya di kawasan E ITU mewakili negara Asia dan Australasia.

Selain Portugal, Indonesia juga menggalang dukungan dari negara-negara sahabat. Pada bulan Juni tahun ini Kementerian Kominfo menggelar acara Jakarta Reception for ITU Candidacies, di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, Selasa (28/6).

Dalam acara yang dihadiri duta-duta besar negara anggota ITU, Johnny meminta dukungan yang sama.

Baca juga: Menkominfo Sebut UU PDP Atur Lembaga Pelindung Data Pribadi di Bawah Presiden

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com