Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik Setelah Kapal Induk AS Tiba di Korea Selatan

Kompas.com - 25/09/2022, 06:40 WIB

SEOUL, KOMPAS.com – Militer Korea Selatan mengatakan Korea Utara pada Minggu (25/9/2022) menembakkan rudal balistik tak dikenal ke Laut Timur.

Laporan tembakkan rudal Korea Utara ini nyatanya muncul hanya berselang dua hari setelah kapal induk bertenaga nuklir AS tiba di wilayah perairan Korea Selayan untuk melakukan latihan bersama.

"Korea Utara menembakkan rudal balistik tak dikenal," kata Kepala Staf Gabungan Seoul pada Minggu pagi, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Baca juga: Korsel Deteksi Tanda-tanda Uji Coba Rudal Balistik Kapal Selam Korut

Peluncuran rudal balistik itu juga terjadi setelah muncul laporan yang mengindikasikan bahwa Korea Utara mungkin bersiap untuk menembakkan rudal balistik yang diluncurkan kapal selam.

Penjaga pantai Jepang juga mengonfirmasi kemungkinan peluncuran rudal balistik oleh Korea Utara, mengutip informasi dari Kementerian Pertahanan Tokyo.

Mereka telah memperingatkan kapal untuk waspada.

"Kapal harap waspada terhadap informasi baru dan jika Anda melihat benda asing, jangan mendekat tetapi beri tahu penjaga pantai," kata penjaga pantai Jepang, dikutip dari Kantor berita AFP.

Penyiar publik Jepang NHK mengatakan benda itu tampaknya jatuh di luar zona ekonomi eksklusif Jepang.

Sebelumnya, USS Ronald Reagan yang bertenaga nuklir telah berlabuh di kota pelabuhan selatan Busan pada Jumat (23/9/2022).

Kapal induk AS USS Ronald Reagan dikawal ke Pangkalan Angkatan Laut Busan di Busan, Korea Selatan, Jumat 
(23/9/2022). USS Ronald Reagan tiba untuk berpartisipasi dalam latihan militer bersama yang akan datang dengan Korea Selatan di Laut Timur, pertama kalinya sejak 2017. AP Photo/Lee Jin-man Kapal induk AS USS Ronald Reagan dikawal ke Pangkalan Angkatan Laut Busan di Busan, Korea Selatan, Jumat (23/9/2022). USS Ronald Reagan tiba untuk berpartisipasi dalam latihan militer bersama yang akan datang dengan Korea Selatan di Laut Timur, pertama kalinya sejak 2017.

Baca juga: AS Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua Minuteman III

Kehairan kapal ini menjadi bagian dari dorongan oleh Seoul dan Washington untuk memiliki lebih banyak aset strategis AS yang beroperasi di wilayah tersebut.

Halaman:
Sumber AFP,NHK

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.