Kompas.com - 24/09/2022, 22:31 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com – Iran sedang merencanakan tindakan proporsional untuk merespons keputusan Ukraina yang menurunkan hubungan diplomatik dengan Teheran.

Dikabarkan sebelumnya, muncul laporan bahwa Iran memasok pasukan Rusia dengan pesawat tak berawak alias drone.

Atas kabar tersebut, Ukraina mengumumkan pada Jumat (23/9/2022) bahwa mereka akan menarik akreditasi duta besar Iran dan secara signifikan mengurangi jumlah staf diplomatik di kedutaan Iran di Kyiv.

Baca juga: Ukraina Klaim Tembak Jatuh Drone Iran yang Dipakai Rusia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bahkan menyampaikan bahwa hal itu sama saja kolaborasi dengan kejahatan.

Merespons keputusan Ukraina tersebut, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani menyampaikan, Ukraina harus menahan diri dari pengaruh pihak ketiga.

“Yang berusaha menghancurkan hubungan antara kedua negara,” kata Kanaani dalam pernyataan yang dirilis Kementerian Luar Negeri Iran, sebagaimana dilansir Reuters, Sabtu (24/9/2022).

Kanaani menuturkan, keputusan Ukraina hanya didasarkan laporan yang belum dikonfirmasi dan dihasilkan dari pengaruh media asing.

Baca juga: Rusia Dituding Menggunakan Drone Pembunuh Buatan Iran Shahed-136 dalam Perang di Ukraina

Dia tidak secara langsung mengomentari masalah drone.

Sebelumnya, Iran membantah memasok drone ke Rusia, tetapi surat kabar berhaluan garis keras Kayhan mengabarkan pada Sabtu bahwa ratusan drone bersenjata telah dijual.

“Untuk sementara waktu sekarang, drone Iran telah melakukan operasi di langit Ukraina melawan NATO,” kata surat kabar yang dipimpin oleh Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei itu.

Halaman:
Sumber Reuters

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.