Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Satu Fosil Dinosaurus Terbesar di Eropa Ditemukan di Halaman Belakang Rumah Warga

Kompas.com - 27/08/2022, 18:02 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Daily Mail

POMBAL, KOMPAS.com - Seorang pria di Portugal yang sedang merawat kebun di belakang rumahnya menemukan satu set tulang dinosaurus, yang mungkin menjadi yang terbesar dari jenisnya di Eropa.

Setelah mempelajari kerangka tersebut, para ilmuwan menemukan bahwa fosil tersebut adalah milik brachiosaurus setinggi 25 meter, yang hidup antara 160 dan 100 juta tahun yang lalu.

Temuan ini bisa menjadi dinosaurus sauropoda terbesar yang pernah ditemukan di Eropa.

Baca juga: Jejak-jejak Kaki Dinosaurus Berusia 113 Juta Tahun Terlihat di Sungai yang Mengering

Sauropoda adalah subkelompok dinosaurus berkaki empat yang memiliki leher dan ekor panjang, dan merupakan pemakan tumbuhan (herbivor).

“Tidak biasa menemukan semua tulang rusuk hewan seperti ini, apalagi dalam posisi ini, mempertahankan posisi anatomi aslinya,” kata Elisabete Malafaia, seorang peneliti dari University of Lisbon sebagaimana dilansir Daily Mail pada Jumat (26/8/2022).

Menurutnya, mode pelestarian ini relatif tidak umum dalam catatan fosil dinosaurus, khususnya sauropoda, dari periode Portuguese Upper Jurassic.

Pemilik rumah dari Kota Pombal di Portugal ini sebenarnya pertama kali melihat pecahan tulang fosil di halaman rumahnya saat melakukan beberapa pekerjaan konstruksi pada 2017.

Dia menghubungi tim peneliti, yang melakukan penggalian situs Monte Agudo pada tahun yang sama.

Tetapi baru pada awal bulan ini para ahli paleontologi Portugis dan Spanyol mengumumkan apa yang mereka temukan, yakni dinosaurus sauropoda setinggi sekitar 12 meter dan panjang 25 meter.

Baca juga: Fosil Dinosaurus Gorgosaurus Berusia 77 Tahun Dijual Nyaris Rp 90 Miliar, Ilmuwan: Ini Bencana

Elemen kerangka aksial telah ditemukan sejauh ini, termasuk tulang belakang dan tulang rusuk yang menunjukkan itu adalah brachiosaurus.

Kelompok Brachiosauridae hidup dari periode geologi yang disebut Upper Jurassic to the Lower Cretaceous.

Tidak seperti sauropoda lainnya, mereka memiliki kaki depan yang lebih panjang daripada kaki belakangnya, sehingga menghasilkan batang tubuh yang lebih panjang dan ekor yang lebih pendek secara proporsional.

Dinosaurus yang termasuk dalam kelompok ini termasuk Brachiosaurus altithorax - dinosaurus pertama yang dihasilkan komputer yang ditampilkan dalam film Jurassic Park 1993 - dan Lusotitan atalaiensis yang telah ditemukan di Portugal barat.

Karakteristik pelestarian dari fosil yang ditemukan menunjukkan bahwa bagian lain dari kerangka masih bisa ada di deposit, yang akan dieksplorasi dalam kampanye penggalian selanjutnya.

“Penelitian di wilayah paleontologi Monte Agudo menegaskan bahwa wilayah Pombal memiliki catatan fosil penting dari vertebrata Jurassic Akhir," katanya sebagaimana dilansir Daily Mail.

Baca juga: [UNIK GLOBAL] Jejak Kaki Dinosaurus di Restoran | Tempe Bentuk Tangan dan Tengkorak

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com