Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partainya Dilaporkan Terima Dana Asing Ilegal, Imran Khan Terancam Dilarang Berpolitik

Kompas.com - 03/08/2022, 16:31 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Al Jazeera

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Komisi pemilihan Pakistan memutuskan bahwa partai mantan Perdana Menteri (PM) Imran Khan menerima dana ilegal, kata juru bicara partai dan medianya, yang dapat mengakibatkan mantan bintang kriket dan partai tersebut dilarang berpolitik.

Dalam kasus yang telah berlarut-larut selama bertahun-tahun, partai Khan pada Selasa (2/8/2022) dituduh menerima dana asing, yang ilegal di Pakistan.

Baca juga: 304 Korban Tewas dan 9.000 Rumah Hancur Akibat Hujan Monsun dan Banjir di Pakistan

Sebuah pengadilan komisi yang terdiri dari tiga anggota menemukan bahwa pihak Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) mendapat dana dari 34 orang asing atau perusahaan asing.

Pengadilan mengatakan partai tersebut telah menyerahkan surat pernyataan palsu tentang rekening banknya, dan telah menentukan bahwa partai tersebut menyembunyikan 13 rekening bank yang seharusnya diumumkan.

Situs berita Dawn Pakistan melaporkan bahwa pemberitahuan pengadilan telah dikeluarkan kepada PTI, untuk menjelaskan mengapa komisi tidak boleh menyita dana yang diterimanya.

Komisi pemilihan memutuskan partai tersebut menerima dana dari pengusaha Arif Naqvi dan 34 warga negara asing, kata laporan itu, seraya menambahkan bahwa mereka diduga menyembunyikan 13 rekening bank.

Khan tidak segera dapat dimintai komentar menurut laporan Al Jazeera tetapi juru bicara PTI membantah melakukan kesalahan.

"Kami akan menentang keputusan ini," kata juru bicara partai Fawad Chaudhry, kepada wartawan di luar kantor Komisi Pemilihan Pakistan di ibu kota, Islamabad sebagaimana dilansir Al Jazeera pada Selasa (2/8/2022).

Baca juga: Kisah Wanita India yang Akhirnya Bisa Pulang Kampung ke Pakistan setelah 75 Tahun

Chaudhry mengatakan dana tersebut diterima dari orang Pakistan di luar negeri, yang tidak ilegal.

Khan adalah perdana menteri Pakistan dari 2018 hingga April tahun ini. Dia dipaksa untuk mundur setelah kehilangan mosi percaya yang dia katakan adalah hasil dari konspirasi oleh Amerika Serikat, yang menyangkal tuduhan itu.

Sejak itu, Khan telah mengumpulkan pendukungnya untuk mendesak tuntutannya untuk pemilihan baru. Perdana Menteri Pakistan yang baru, Shehbaz Sharif, telah menolak permintaan itu.

Orang yang mengajukan pengaduan terhadap PTI, pendiri partai dan mantan rekan dekat Akbar S Babar, memuji keputusan komisi tersebut.

"Semua tuduhan terhadap Imran Khan telah terbukti," Babar, yang berselisih dengan Khan, mengatakan kepada wartawan, menambahkan bahwa Khan harus mundur dari partai.

Baca juga: UPDATE Gempa Afghanistan: Korban Tewas 280 Orang, Getaran Terasa di India dan Pakistan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com