Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Wanti-wanti Warganya yang Kunjungi Thailand: Jangan Icip Ganja

Kompas.com - 22/07/2022, 11:45 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Bernama

PERLIS, KOMPAS.com – Polisi Malaysia memperingatkan warga “Negeri Jiran” untuk tidak menjajal ganja ataupun membawa pulang zat terlarang tersebut ketika berkunjung ke Thailand.

Kepala Kepolisian Negara Bagian Perlis Malaysia Datuk Surina Saad menegaskan meskipun Thailand telah mengizinkan penggunakan atau menghisap ganja, warga Malaysia yang mengunjungi negara tersebut dilarang kembali dengan membawa barang itu.

Surina Saad memastikan polisi Malaysia akan mengambil tindakan terhadap setiap individu yang membawa ganja ke Malaysia meskipun sedikit, entah itu digunakan dalam kue atau bahan makanan dan minuman lainnya.

Baca juga: Thailand Legalkan Tanam Ganja, Penderita Kanker Payudara Dapat Angin Segar

"Kami tidak memiliki kekuatan untuk mencegah siapa pun untuk mengunjungi negara tetangga (Thailand) dan mengambil ganja di sana, tetapi tindakan hukum dapat diambil di bawah Dangerous Drugs Act 1952 (UU Narkoba) jika kembali dengan ganja atau di bawah pengaruh obat," kata dia, dilansir dari Bernama, Kamis (21/7/2022).

Dia sebelumnya ditanya tentang aksi sejumlah warga Malaysia yang masuk ke Thailand tidak hanya untuk berkeliling kerajaan, tetapi juga untuk mengambil kesempatan menjajal ganja di sana.

“Secara pribadi, saya menyarankan warga Malaysia untuk tidak mencoba mengonsumsi ganja selama di Thailand meskipun diperbolehkan di sana karena kebiasaan merokok dapat mengganggu kesehatan,” imbuhnya.

Para pekerja merawat tanaman ganja di Provinsi Chonburi, Thailand, Minggu (5/6/2022). Budidaya dan kepemilikan ganja di Thailand dilegalkan mulai Kamis (9/6/2022).AP PHOTO/SAKCHAI LALIT Para pekerja merawat tanaman ganja di Provinsi Chonburi, Thailand, Minggu (5/6/2022). Budidaya dan kepemilikan ganja di Thailand dilegalkan mulai Kamis (9/6/2022).

Surina mamastikan bahwa pihaknya juga telah meminta badan-badan di perbatasan untuk meningkatkan inspeksi guna memastikan bahwa tidak ada yang akan membawa obat psikoaktif seperti ganja ke Malaysia.

Dia mengeklaim, sejauh ini belum ada kasus temuan kasus warga Malaysia membawa ganja dari Thailand.

Baca juga:

"Polisi tidak akan ragu untuk menindak setiap individu yang melanggar hukum termasuk hukum narkoba," tegas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com