Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPDATE Kasus Hilangnya Madeleine McCann, Jaksa Klaim Ada Bukti Baru dari Tersangka Utama

Kompas.com - 05/05/2022, 23:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BRUNSWICK, KOMPAS.com - Penyelidik Jerman yang menyelidiki hilangnya Madeleine McCann 15 tahun lalu di Portugal menemukan bukti baru terhadap tersangka utama, kata jaksa kepada televisi Portugal.

"Penyelidikan masih berlangsung dan saya rasa kami menemukan beberapa fakta baru, beberapa bukti baru, bukan bukti forensik tetapi bukti," kata jaksa Hans Christian Wolters di Brunswick kepada kanal CMTV Portugal dalam wawancara yang disiarkan Selasa (3/5/2022) malam.

Madeleine McCann hilang dari resor tepi laut Praia da Luz Portugal pada 3 Mei 2007 ketika dia berusia tiga tahun.

Baca juga: Tersangka Resmi Hilangnya Madeleine McCann Ditetapkan

Hilangnya Madeleine McCann memicu perburuan besar-besaran dan hiruk-pikuk media internasional. Foto-foto Maddie terpampang di papan reklame dan buletin berita.

Bulan lalu, pihak berwenang Portugal bersama jaksa Jerman menyatakan seorang warga Jerman terpidana pemerkosa sebagai tersangka utama dalam kasus Madeleine McCann.

Polisi Jerman pada 2020 mengungkapkan, tersangka utama adalah pelanggar seks anak, sudah dipenjara di Jerman, dan mereka yakin dia telah membunuhnya.

Tersangka yang diidentifikasi sebagai Christian B itu menjalani hukuman tujuh tahun di Oldenburg, Jerman utara, karena memperkosa seorang turis Amerika berusia 72 tahun di Praia da Luz pada 2005.

"Kami yakin dia adalah pembunuh Madeleine McCann," ujar Wolters kepada CMTV, tanpa memberikan rincian lebih lanjut tentang kasus atau penggeledahan van milik tersangka.

Baca juga: Tersangka Penculikan Madeleine McCann Simpan Ratusan Foto dan Video Porno Anak-anak

Belum ada tuntutan yang diajukan terhadap Christian B sehubungan dengan hilangnya Madeleine McCann. Jenazahnya tidak pernah ditemukan.

Menurut penyelidikan Jerman, catatan telepon mengidentifikasi tersangka di dekat kompleks hotel tempat Madeleine McCann menghilang.

"Christian B tidak punya alibi," ucap Wolters kepada CMTV.

Pada Selasa (3/5/2022), orangtua Madeleine McCann yaitu Kate dan Gerry McCann menuntut jawaban dan kebenaran saat keduanya memperingati 15 tahun hilangnya putri mereka.

Baca juga: Rekam Jejak Christian B, Tersangka Baru di Penculikan Madeleine McCann

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com