Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Jadi Tuan Rumah Bersama KTT Global Covid-19 Kedua pada Mei

Kompas.com - 20/04/2022, 16:29 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Amerika Serikat sebagai Ketua KTT Covid-19 pertama; Belize sebagai Ketua Komunitas Karibia (CARICOM); Jerman sebagai Presiden G7; Indonesia sebagai Presiden G20; dan Senegal sebagai Ketua Uni Afrika, mengumumkan akan menjadi tuan rumah bersama KTT Global Covid-19 kedua, yang akan diadakan secara virtual pada 12 Mei 2022.

KTT ini akan menggandakan upaya bersama dari negara-negara di dunia dalam fase akut pandemi Covid-19 dan mempersiapkan diri untuk menghadapi ancaman kesehatan di masa depan.

KTT Global Covid-19 kedua akan diadakan pada 12 Mei.

Baca juga: Barat Bersiap WO Terkoordinasi untuk Rusia dalam Pertemuan G20 di Washington

Sebelumnya, KTT Global Covid-19 pertama telah diadakan oleh AS pada 22 September 2021.

Menuju KTT Global Covid-19 kedua, AS, Belize, Jerman, Indonesia, dan Senegal akan berfokus kepada pemimpin dunia, masyarakat madani, lembaga swadaya masyarakat, filantrop, dan sektor swasta untuk membuat komitmen baru dan menawarkan solusi memvaksinasi dunia, menyelamatkan nyawa sekarang, serta membangun ketahanan kesehatan yang lebih baik untuk semua, di mana pun.

Kemunculan dan penyebaran varian-varian baru Covid-19, seperti Omicron, telah mempertegas kebutuhan akan strategi untuk mengendalikan penyakit tersebut di seluruh dunia.

"Bersama-sama, kita bisa memitigasi dampak Covid-19 dan melindungi mereka yang paling berisiko dengan vaksinasi, tes, dan perawatan, aksi-aksi untuk gangguan terhadap layanan kesehatan rutin, dan melalui dukungan terhadap mekanisme multilateral ACT-Accelerator," ungkap pernyataan bersama pihak-pihak tersebut yang diterima Kompas.com dari Kedutaan Besar & Konsulat AS di Indonesia, Rabu (20/4/2022).

"Kita tahu bahwa kita harus mempersiapkan diri sekarang untuk membangun, mempertahankan, dan dana global yang dibutuhkan, bukan hanya untuk varian-varian baru Covid-19, tapi juga krisis kesehatan di masa depan. Untuk membantu kita mencapai tujuan ini, kami mendorong semua negara dan pemangku kepentingan untuk mengambil tindakan guna menciptakan sistem yang kita lakukan untuk segera memulai fase akut Covid-19," tambah pernyataan itu.

Baca juga: Risiko Ekonomi Perang di Ukraina dan Tantangan Presidensi G20 di Bali

KTT Gloval Covid-19 diketahui akan melanjutkan tema dan komitmen yang dibuat di KTT pertama dan mendukung terhadap solusi tantangan mendesak dan jangka panjang dengan tingkat lokal.

Ini temasuk:

  • Suntikan vaksin
  • Mengerahkan tes dan perawatan, terutama untuk populasi berisiko paling tinggi
  • Memperluas dan melindungi tenaga kesehatan dan gangguan terhadap layanan kesehatan rutin dan esensial
  • Peningkatan akses ke penanggulangan medis, termasuk penelitian dan pengembangan dan penskalaan dan pertunjukan manufaktur lokal dan regional
  • Menciptakan pembiayaan berkelanjutan untuk kesiapsiagaan pandemi, ketahanan kesehatan, dan sistem kesehatan

"Kami menantikan KTT sukses berikutnya untuk melanjutkan upaya internasional dalam melawan Covid-19 dan mendorong kesiapsiagaan pandemi global," ujar AS, Belize, Jerman, Indonesia, dan Senegal.

Baca juga: Protes Kehadiran Rusia, Delegasi G20 Akan Ramai-ramai Walkout dari Pertemuan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com