Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes RI di Italia Serahkan Surat Kepercayaan kepada Sekjen UNIDROIT dan Presiden IFAD

Kompas.com - 17/03/2022, 22:30 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

ROMA, KOMPAS.com - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Italia merangkap Malta, Siprus, San Marino serta FAO, IFAD, WFP, dan UNIDROIT, Muhammad Prakosa, telah menyerahkan Surat Kepercayaan (Letters of Credence) kepada Sekretaris Jenderal International Institute for the Unification of Private Law (UNIDROIT), Prof Ignacio Tirado di Markas Besar UNIDROIT di Roma, Italia, Jumat (11/3/2022).

Selain itu, pada hari yang sama Dubes M Prakosa juga menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden International Fund for Agricultural Development (IFAD), Gilbert Fossoun Houngbo, di Markas besar IFAD.

Baca juga: Dubes RI di Italia Serahkan Surat Kepercayaan kepada Dirjen FAO di Roma

Penyerahan Surat Kepercayaan kepada UNIDROIT

Dalam acara penyerahan Surat Kepercayaan kepada Sekjen UNIDROIT, Dubes M Prakosa didampingi oleh Wakil Kepala Perwakilan, Lefianna Ferdinandus; Koordinator Fungsi Ekonomi/Multilateral, Caka Alverdi Awal; dan Pelaksana Fungsi Multilateral, Purna Cita Nugraha.

Sementara itu, Sekjen UNIDROIT didampingi oleh Presiden Governing Council, Maria Chiara Malaguti dan Wakil Sekjen Profesor Anna Veneziano.

Dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Dubes M Prakosa menyampaikan komitmen untuk memperkuat kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan UNIDROIT, khususnya di bidang hukum perikatan dan pengembangan model hukum agraria; peningkatan kerja sama program magang, penelitian dan secondment bagi pejabat dan peneliti Indonesia di UNIDROIT, realisasi rencana kunjungan ke Indonesia pada paruh ke dua tahun 2022, serta akses UNIDROIT online library bagi akademisi Indonesia.

Dalam tanggapannya, Sekjen UNIDROIT Prof Ignacio Tirado menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap penguatan berbagai program kerja sama dengan Indonesia. Sekjen UNIDROIT juga menyampaikan dukungan bagi Presidensi G20 di Indonesia.

Baca juga: Dubes LBPP RI di Italia Serahkan Surat Kepercayaan pada Presiden Sergio Mattarella

Penyerahan Surat Kepercayaan kepada IFAD

Dubes RI di Italia M Prakosa (kiri) dan Presiden IFAD Gilbert Fossoun Houngbo (kanan).KBRI ROMA Dubes RI di Italia M Prakosa (kiri) dan Presiden IFAD Gilbert Fossoun Houngbo (kanan).
Dalam acara penyerahan Surat Kepercayaan kepada Presiden IFAD, Dubes M Prakosa didampingi oleh Koordinator Fungsi Ekonomi/Multilateral, Caka Alverdi Awal; Atase Pertanian, Ida Ayu Ratih; dan Pelaksana Fungsi Multilateral, Purna Cita Nugraha.

Sementara itu, Presiden IFAD didampingi oleh Direktur Asia Pasifik IFAD, Nigel Brett dan Staf Khusus Nii Quaye-Kumah.

Dubes M Prakosa menyampaikan salam hangat Pemerintah Indonesia kepada Presiden IFAD, Gilbert F Houngbo, yang menyambut baik kedatangan delegasi.

Dubes M. Prakosa menyampaikan apresiasi terhadap kinerja IFAD dalam memajukan peran pertanian pedesaan di negara-negara berkembang, termasuk dengan terus mendorong Kerja Sama Selatan-Selatan dan Triangular.

Selain itu, Dubes M. Prakosa juga menekankan komitmen penuh Pemerintah Indonesia untuk terus bekerja sama dengan IFAD.

Dalam pertemuan yang bernuansa hangat dan akrab, Presiden IFAD menyampaikan apresiasi terhadap kerja sama dan kontribusi Indonesia pada IFAD, termasuk dalam partisipasi dalam berbagai forum di IFAD.

Presiden IFAD juga menyampaikan dukungan penuh bagi keberhasilan Presidensi G20 Indonesia.

Baca juga: Dubes RI Moskwa Jose Tavares Kunjungi Republik Tatarstan untuk Mempererat Diplomasi Ekonomi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com