Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes RI Moskwa Jose Tavares Kunjungi Republik Tatarstan untuk Mempererat Diplomasi Ekonomi

Kompas.com - 23/11/2021, 22:46 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

KAZAN, KOMPAS.com - Guna meningkatkan jangkauan diplomasi RI ke berbagai wilayah di Rusia, Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares melakukan kunjungan ke Presiden (setingkat Gubernur) Republik Tatarstan, Rustam Minnikhanov di Kazan, Rusia pada Senin (22/11/2021).

Pemerintah Indonesia dengan Tatarstan memiliki sejarah kerja sama cukup lama dan erat di berbagai bidang, antara lain ekonomi, perdagangan, pariwisata dan sosial-budaya.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Tatarstan atas kerja sama yang selama ini telah terjalin dan juga fasilitasi yang diberikan kepada Indonesia dalam berbagai acara yang diselenggarakan di Kazan,” kata pembuka Dubes Tavares dalam pertemuan, dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Menyongsong Kota Kembar Magelang–Tula (Mantul), Dubes RI Moskwa Beri Kuliah Umum

Presiden Tatarstan balas sampaikan harapan agar kunjungan Dubes Tavares menambahkan dampak positif bagi kerja sama kedepannya.

Dalam kesempatan kunjungan ini, Dubes RI menekankan bahwa misi utama yang diamanatkan oleh Pemerintah Indonesia adalah mengembangkan kerja sama ekonomi dengan Tatarstan.

Salah satu kerja sama yang sudah terjalin adalah partisipasi Indonesia dalam Kazan Summit dan Russian Halal Expo.

Di tahun 2021, Indonesia ikut berpartisipasi dan membuka Paviliun Indonesia, menampilkan produk dari tiga perusahaan/UMKM Indonesia yaitu Koperasi Produsen Tapusmas, PT Jabbaru Indonesia, dan CV Kopi Prabu.

Pertemuan Dubes RI Moskwa Jose Tavares dengan Gubernur Republik Tatarstan Rustam Minnikhanov.KBRI MOSKWA Pertemuan Dubes RI Moskwa Jose Tavares dengan Gubernur Republik Tatarstan Rustam Minnikhanov.
Tidak hanya berhenti di situ, Dubes RI menyampaikan ada 2 kontrak bisnis yang dihasilkan dari Kazan Summit dan Russian Halal Expo Tahun 2021 yaitu Koperasi Produsen TAPUSMAS dengan kontrak pembelian kopi Arabika “Pokiringan Coffee” dan PT Sahabat Mitra Strategis dengan kontrak pembelian produk “Sagoo Mee”.

“Potensi transaksi dari 2 (dua) kontrak dagang dimaksud diperkirakan senilai US$ 720,000 dalam 1 (satu) tahun” ungkap Dubes Tavares.

Merujuk kepada output yang dihasilkan, Presiden Tatarstan langsung mengundang Indonesia untuk dapat berpatisipasi dalam Kazan Summit dan Russian Halal Expo 2022. Presiden Tatarstan juga sampaikan bahwa potensi kerja sama lain yang bisa dikembangkan dengan Indonesia adalah saling-kunjung pengusaha Indonesia-Tatarstan, penyelenggaraan acara olahraga, kunjungan wisata reliji, pertukaran pelajar, dan riset TIK.

“Sangat yakin bahwa tahun depan potensi bisnis akan lebih tinggi melihat kondisi perekonomian dunia semakin pulih dari pandemi” tekan Presiden Minnikhanov.

Selain itu, Presiden Tatarstan juga menyampaikan bahwa tahun 2022 merupakan peringatan 1.100 tahun masuknya Islam di Rusia.

Untuk itu, Dewan Urusan Agama (Council for Religious Affairs) Rusia menurut rencana akan memperingatinya dengan berbagai acara yang sebagian besar akan dilaksanakan di Tatarstan dan berharap Indonesia juga bisa ikut berpartisipasi.

“Pada tanggal 21 Mei 2022, Tatarstan akan merayakan peringatan 1,100 tahun masuknya Islam ke Rusia dan saya harap delegasi Indonesia untuk datang dan ikut berpartisipasi,” undang Presiden Minnikhanov ke Dubes Tavares.

Baca juga: Pameran Pesona Batik Indonesia di Moskwa Berakhir dengan Kepuasan Pengunjung

Pertemuan KBRI Moskwa dan BKPM Republik Tatarstan atau TIDA bicarakan mengenai Peningkatan Kerja Sama Industri Halal RI-TatarstanKBRI MOSKWA Pertemuan KBRI Moskwa dan BKPM Republik Tatarstan atau TIDA bicarakan mengenai Peningkatan Kerja Sama Industri Halal RI-Tatarstan
Terhadap undangan tersebut, Dubes RI yakin bahwa delegasi Indonesia akan ikut berpartisipasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com