Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Terkini, 8 Roket Rusia Hancurkan Bandara Sipil di Vinnytsia

Kompas.com - 07/03/2022, 13:04 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

VINNYTSIA, KOMPAS.com - Rentetan serangan roket Rusia menghancurkan bandara sipil di Vinnytsia, Ukraina tengah, Minggu (6/3/2022), kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

"Saya baru saja diberitahu tentang serangan rudal di Vinnytsia. Delapan roket... Bandara hancur total," katanya dikutip dari AFP.

Kementerian Pertahanan Rusia kemudian mengonfirmasi serangan itu.

Baca juga: Putin Bersedia Setop Invasi Rusia ke Ukraina, Minta Syarat Ini

"Pada 6 Maret, sebuah lapangan terbang Angkatan Udara Ukraina di Vinnytsia tidak bisa beroperasi karena senjata presisi tinggi jarak jauh," kata juru bicara Kemenhan Rusia Igor Konashenkov dalam video konferensi pers.

Beberapa kota dan pangkalan udara di Ukraina dibom, ditembaki, atau dihantan rudal balistik sejak invasi Rusia selama 11 hari terakhir.

Vinnytsia berada di sisi barat Ukraina tengah, jauh dari perbatasan Rusia dan Belarus, di wilayah yang jarang mengalami serangan serupa.

Zelensky juga kembali meminta negara-negara kuat di Barat memberlakukan zona larangan terbang di atas Ukraina untuk mencegah lebih banyak serangan Rusia.

"Kami ulangi setiap hari: tutup langit di atas Ukraina. Tutup untuk semua rudal Rusia, untuk pesawat tempur Rusia, untuk semua teroris mereka," katanya.

"Jika tidak, jika Anda tidak memberi kami setidaknya pesawat sehingga kami dapat melindungi diri kami sendiri, hanya ada satu hal untuk disimpulkan; Anda ingin kami dibunuh pelan-pelan," ujar Presiden Ukraina tersebut.

Baca juga: Ukraina Klaim Dapat Dokumen Rahasia Serangan Rusia, Tunjukkan Rencana Perang 15 Hari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com