Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Ukraina Menolak Tawaran Negosiasi Rusia?

Kompas.com - 27/02/2022, 12:18 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

KIEV, KOMPAS.com - Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menyatakan pada Sabtu (26/2/2022), bahwa operasi militer Rusia di Ukraina berlanjut setelah pemimpin Ukraina menolak untuk berunding.

Menurut Moskwa, Presiden Vladimir Putin sebelumnya memerintahkan pasukan Rusia untuk menghentikan kemajuan mereka pada Jumat (25/2/2022), menunggu tanggapan dari Kiev.

Putin kemudian menyatakan bahwa serangan berlanjut pada Sabtu.

Baca juga: Pasukan Rusia Mulai Diperintahkan Maju ke Ukraina dari Segala Arah

Diberitakan Russia Today, Sabtu, Alexey Arestovich, seorang penasihat di kantor Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, mengonfirmasi kepada media Ukraina bahwa Kiev telah menolak pembicaraan dengan Rusia, dengan alasan bahwa persyaratan yang diusulkan oleh Kremlin tidak dapat diterima.

“Itu adalah upaya untuk memaksa kami menyerah,” katanya tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Namun, beberapa saat kemudian, penasihat lainnya di kantor Presiden Zelensky, Mikhail Podolyak, mengatakan kepada outlet media Rusia RBC bahwa Ukraina tidak menolak negosiasi.

“Tidak diragukan lagi, Ukraina tidak menolak untuk bernegosiasi,” kata Mikhail Podolyak sambil menggarisbawahi bahwa negosiasi belum terjadi.

Tapi, dia menyampaikan, bahwa Ukraina tidak akan menerima kondisi seperti ultimatum dari Rusia.

“Ukraina dan Presiden Zelensky dengan tegas menolak setiap kondisi yang tidak dapat diterima atau seperti ultimatum dari pihak Rusia,” kata Mikhail Podolyak.

Baca juga: Di Tengah Invasi Rusia ke Ukraina, Kapal Perang AS Berlayar ke Selat Taiwan

Ungkapan Presiden Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy membuat pernyataan di Kyiv, Ukraina, Jumat (25/2/2022). Layanan Pers/Handout Kepresidenan Ukraina via REUTERS Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy membuat pernyataan di Kyiv, Ukraina, Jumat (25/2/2022).

Dikutup dari BBC, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sendiri mengatakan pada Jumat, bahwa dia siap untuk duduk untuk berbicara dengan Rusia guna mengakhiri permusuhan antar negara.

Tapi, Zelensky tidak memberikan tanda-tanda bahwa dirinya akan menyetujui pembicaraan atas dasar “demiliterisasi”.

Pada hari yang sama, Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, mengatakan kepada wartawan bahwa Moskwa siap untuk mengadakan pembicaraan di Minsk, Belarusia.

Baca juga: Pasukan Rusia Ledakan Pipa Gas di Kharkiv Ukraina, Waspada Bencana Lingkungan

Dia kemudian mengeklaim bahwa pihak Ukraina pertama-tama menawarkan untuk memindahkan pertemuan ke Warsawa, Polandia, dan kemudian berhenti merespons.

Peskov sendiri mengatakan pembicaraan harus tentang Ukraina yang menyatakan "status netral" -yang akan mencakup "demiliterisasi".

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mendengarkan selama konferensi pers akhir tahun Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskwa, Rusia 19 Desember 2019.REUTERS/EVGENIA NOVOZHENINA Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mendengarkan selama konferensi pers akhir tahun Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskwa, Rusia 19 Desember 2019.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com