Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes LBPP RI di Italia Serahkan Surat Kepercayaan pada Presiden Sergio Mattarella

Kompas.com - 21/02/2022, 12:44 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

ROMA, KOMPAS.com - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Italia merangkap Malta, Siprus, San Marino serta FAO, IFAD, WFP, dan UNIDORIT, Muhammad Prakosa, telah menyerahkan Surat Kepercayaan (Letter of Credence) kepada Presiden Republik Italia Sergio Mattarella di Istana Kepresidenan Italia, Palazzo del Quirinale, Roma, pada Jumat (18/2/2022).

Dalam acara penyerahan Surat Kepercayaan tersebut, Dubes Muhammad Prakosa didampingi oleh Sri Agustini Prakosa, Wakil Kepala Perwakilan Lefianna Ferdinandus, dan Koordinator Fungsi Politik Harya K Sidharta.

Dikutip dari siaran pers KBRI Roma yang diterima Kompas.com, Dubes M Prakosa menyampaikan salam hangat Presiden RI Joko Widodo dan seluruh rakyat Indonesia kepada Presiden Italia dan seluruh rakyat Italia.

Baca juga: Kapal Perang AL Indonesia dan Siprus Latihan Bersama untuk Perkuat Hubungan

Dubes Prakosa juga menyampaikan selamat atas pelantikan Presiden Sergio Mattarella untuk kali kedua pada awal Februari 2022.

Selanjutnya, Dubes Prakosa menyampaikan komitmennya untuk terus meningkatkan hubungan bilateral Indonesia dan Italia di segala tataran, khususnya pada empat bidang yaitu:

  1. Meningkatkan intensitas hubungan bilateral.
  2. Memperdalam serta memperluas diversifikasi hubungan perdagangan, investasi, dan pariwisata.
  3. Memperkuat kerja sama sosial, budaya, dan pendidikan.
  4. Meningkatkan kualitas perlindungan Warga Negara Indonesia melalui penguatan hubungan dengan otoritas Italia.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Italia merangkap Malta, Siprus, San Marino serta FAO, IFAD, WFP, dan UNIDORIT, Muhammad Prakosa (kiri) bersama Presiden Italia Sergio Mattarella (kanan), saat penyerahan Surat Kepercayaan di Roma pada Jumat (18/2/2022).KBRI ROMA Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Italia merangkap Malta, Siprus, San Marino serta FAO, IFAD, WFP, dan UNIDORIT, Muhammad Prakosa (kiri) bersama Presiden Italia Sergio Mattarella (kanan), saat penyerahan Surat Kepercayaan di Roma pada Jumat (18/2/2022).
Duta Besar Prakosa juga menyampaikan tema Presidensi G20 Indonesia yaitu “Recover Together, Recover Stronger” dengan tiga isu prioritas arsitektur kesehatan global, transformasi digital dan transisi energi berkelanjutan.

Dalam pertemuan tete-a-tete yang hangat dan bersahabat dengan Dubes Prakosa, Presiden Italia Sergio Mattarella menyampaikan bahwa dirinya sangat kagum dan terkesan dengan keberagaman dan kerukunan umat beragama di Indonesia.

Indonesia dan Italia juga memiliki hubungan ekonomi dan perdagangan yang baik. Presiden Mattarella menyatakan kesiapan dan keterbukaaan Italia untuk senantiasa mendukung berbagai upaya penguatan hubungan bilateral kedua negara di segala bidang.

Acara penyerahan Surat Kepercayaan diawali dan diakhiri pula dengan penghormatan militer oleh corrazzieri/prajurit kavaleri Italia di Istana Quirinale.

Baca juga: Didukung KBRI Roma, Batik Durian Lubuklinggau Tampil di Milan Fashion Week 2021

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com