Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Editor Wikipedia, Seminggu Bisa 500 Editan sampai Bawa Laptop ke Mana-mana

Kompas.com - 21/02/2022, 11:17 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Laporan kematian Covid palsu, kesenjangan gender yang besar, "fiksi penggemar" Nazi, itu adalah beberapa bahaya yang ditemukan di puluhan juta entri online Wikipedia.

Sebagai ensiklopedia internet terbesar di dunia, Wikipedia sering kali menjadi yang paling atas muncul ketika pengguna mengajukan pertanyaan di internet.

Dengan entri yang secara teori dapat ditulis oleh siapa saja yang memiliki koneksi internet--dalam sekitar 300 bahasa--itu harus diedit oleh sebagian besar relawan anonim untuk mengawasi situs Wikipedia.

Baca juga: Kisah Mayat yang Bangun Saat Akan Diotopsi, 3 Dokter sampai Bingung

"Saya selalu membawa laptop ke mana pun saya pergi, untuk mengedit Wikipedia," kata Alaa Najjar yang berbasis di Timur Tengah, tetapi meminta agar detail spesifik tentang identitasnya tidak diungkap untuk melindungi privasinya.

"Ini adalah kecanduan, seperti yang dikatakan teman-teman saya. Saya lebih suka mengatakan itu adalah hasrat," katanya kepada AFP melalui e-mail, 17 November 2021.

Najjar mengatakan dia berkontribusi hampir 500 entri seminggu, dan sebagai dokter medis dia sibuk memerangi banjir informasi palsu yang dilepaskan selama pandemi.

Di antara rangkaian informasi salah yang muncul di Wikipedia, ia melihat laporan palsu bahwa Covid-19 membunuh orang-orang terkenal, dan peningkatan jumlah kematian serta kasus beberapa negara yang tidak akurat.

“Saya meninjau ratusan artikel selama pandemi Covid-19, dan menolak banyak informasi yang menyesatkan atau keliru,” kata Najjar, yang mendapat penghargaan tertinggi Wikipedia pada 2021 atas pekerjaannya.

Wikipedia, ensiklopedia berusia 20 tahun yang bahkan memiliki artikel membahas kontroversinya sendiri, telah menerima penghargaan positif dalam beberapa tahun terakhir untuk pengecekan fakta.

Meskipun platform-nya yang luas, Wikipedia tidak mengincar profit dan terhindar dari kritik "keuntungan di atas keamanan" yang menghantam Facebook, misalnya.

Sebaliknya, Wikipedia memiliki relawan yang sangat berdedikasi untuk menyediakan akses ke ringkasan tertulis dari semua cabang ilmu pengetahuan manusia.

Tentu saja, itu bisa menjadi pekerjaan tanpa pamrih untuk mencabut tulisan yang meragukan dari Wikipedia.

Baca juga: Cerita Warga UEA Kali Pertama Kerja Hari Jumat: Rasanya Aneh, Panjang, dan Sulit

"Salah satu editor menyebut saya 'perusak' karena menghapus informasi yang tidak bersumber," kata Ksenia Coffman, yang berjibaku melawan apa yang disebutnya "fiksi penggemar" tentang Perang Dunia II di Wikipedia, termasuk bagaimana Nazi dan jenderal Jerman digambarkan.

Untaian tulisan tersebut menurutnya mengabaikan konteks sejarah tentang kekejaman masa perang seperti Holocaust, dan malah meromantisasi pasukan Jerman.

"Mengapa saya mendapat penolakan ketika mencoba memperbaiki ini untuk menghapus kumpulan teks tanpa sumber yang hanya memuliakan para pahlawan perang Nazi ini?" tanya Coffman, yang tinggal di California tetapi dibesarkan di Uni Soviet dan menyumbang sekitar 200 suntingan per bulan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com