Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Darya Dolidovich: Atlet Belarus Melarikan Diri Setelah Dilarang Bersaing di Olimpiade Beijing

Kompas.com - 10/02/2022, 10:00 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber CNN

WARSAWA, KOMPAS.com - Darya Dolidovichatlet Belarus dari cabang ski melarikan diri dari Belarus setelah dilarang berkompetisi di Olimpiade Musim Dingin atas tuduhan terkait keterlibatannya dengan gerakan oposisi negara itu.

Kode Federasi Ski Internasional (FIS) pemain ski lintas negara berusia 17 tahun - yang diperlukan bagi atlet untuk bersaing dalam acara yang diselenggarakan oleh badan pengatur - diubah menjadi "tidak aktif" sekitar tiga minggu lalu. Itu mengikuti keputusan dari Belarus Ski Union, menurut Reuters.

Baca juga: Alexander Lukashenko Ajukan Perubahan Konstitusi Belarus, Bisa Beri Imunitas kepada Mantan Presiden

Dolidovich mengatakan kepada Reuters pada Desember bahwa larangan itu melarangnya bertanding di Olimpiade Musim Dingin Beijing. Itu dikeluarkan setelah pejabat olahraga menuduhnya "mendukung" oposisi negara itu.

Dilansir CNN pada Rabu (9/2/2022), Persatuan Ski Belarus dan Federasi Ski Lintas Alam Belarus telah dihubungi untuk mengomentari kasus Dolidovich.

Dalam sebuah pernyataan kepada CNN, FIS mengatakan: "FIS telah menghubungi Asosiasi Ski Belarus untuk menanyakan alasan mengapa statusnya diubah, tetapi belum menerima pembaruan."

Pelatih dan ayah Darya, Sergei Dolidovich, adalah atlet Olimpiade tujuh kali yang telah berbicara secara terbuka menentang rezim Presiden Belarus Alexander Lukashenko.

Mereka mengambil bagian dalam protes jalanan setelah pemilihan presiden yang disengketakan pada Agustus 2020, yang dirusak oleh penipuan.

Baca juga: Tentara Polandia Desersi, Telanjang dan Minta Suaka di Belarus

Darya membenarkan bahwa keluarganya telah pindah ke Polandia selama wawancara video dengan Reuters pada Rabu (9/2/2022).

"Saya tidak dapat membayangkan, bahkan dalam mimpi buruk, bahwa saya akhirnya akan meninggalkan negara saya tiga-empat bulan yang lalu. Rasanya seperti besok saya akan naik pesawat atau mobil kembali," kata remaja itu.

"Saya berencana menyelesaikan sekolah di Belarus, tetapi orang tua saya mengatakan bahwa kami akan pindah. Saya pikir itu yang terbaik untuk ayah saya juga. Saya kesal, tentu saja," lanjutnya.

Sergei mengatakan kepada Reuters bahwa keluarga tersebut telah menjadi sasaran karena pandangan politik mereka. Hak putrinya untuk bersaing juga dirampas.

"Darya telah dicabut haknya untuk berolahraga atau ikut serta dalam kompetisi. Saya tidak melihat kemungkinan dia melanjutkan karirnya di Belarus. Itu semua terjadi karena alasan yang dibuat-buat. Saya tidak melihat peluang baginya untuk melakukannya apa yang dia sukai dan mewujudkan mimpinya (di Belarus)," katanya.

Baca juga: Krisis Migran, Belarus Kecam Sanksi Tambahan dari Barat dan Ancam Membalas Keras

Darya Dolidovich adalah salah satu dari beberapa atlet Belarus yang dilarang bertanding atau terpaksa meninggalkan negara itu pada tahun lalu, karena kritik mereka terhadap otoritas olahraga atau rezim Presiden Lukashenko.

Pelari cepat Belarus Kristina Timanovskaya menerima visa kemanusiaan dari Polandia pada Agustus, menyusul kepergiannya yang tiba-tiba dari Olimpiade Musim Panas Tokyo, setelah dia mengatakan ofisial tim mencoba mengirimnya pulang secara paksa atas kritik publiknya terhadap otoritas olahraga nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com