Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Adakan Latihan Militer Skala Besar untuk Lawan Amerika Serikat

Kompas.com - 08/11/2021, 17:07 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber Al Jazeera

TEHERAN, KOMPAS.com - Tentara Iran mengadakan latihan militer laut, darat, dan udara skala besar, setelah pasukannya dan Amerika Serikat (AS) terlibat konfrontasi di Laut Oman.

Latihan militer besar Iran pada Minggu (7/10/2021) pagi waktu setempat, yang diperkirakan melibatkan pasukan tentara, kapal, kendaraan lapis baja, pesawat berawak, drone, sistem rudal dan radar dalam kapasitas ofensif serta defensif.

Melansir Al Jazeera pada Minggu (7/10/2021), Abdolrahim Mousavi sebagai panglima tentara Iran, mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa latihan akan diadakan di area seluas 1 juta km persegi timur Selat Hormuz, Laut Oman, dan bagian utara dari Samudera Hindia.

Baca juga: Resmi, Pembicaraan Nuklir Iran Akan Dilanjutkan Akhir November

Di darat, latihan militer skala besar akan diadakan di area umum provinsi tenggara Sistan dan Baluchestan, serta Hormozgan, di samping pantai Makran.

“Karena kami menyadari bahwa musuh berusaha mengumpulkan informasi yang diperlukan setelah pasukan kami bergerak di daerah itu, mulai hari ini kami memperkuat upaya untuk memantau gerakan musuh yang telah dimulai beberapa hari yang lalu,” kata Abdolrahim Mousavi dari pelabuhan tenggara Konarak.

Mousavi juga merinci bahwa pada hari pertama latihan militer, kapal dan pasukan komando akan melakukan operasi untuk menembus pertahanan pantai musuh dari laut.

Sementara pasukan Iran beserta sistem rudal dan radar akan mensimulasikan pertahanan militer di garis pantai.

Baca juga: Iran Curiga Israel dan AS Pelaku Serangan Siber di Stasiun Bahan Bakar

TV pemerintah Iran juga menayangkan cuplikan speedboat yang bermanuver di laut, tentara yang menaiki helikopter tempur, dan pasukan komando yang terjun payung dari pesawat untuk mendarat di area pantai.

Tentara Iran dan Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) telah mengadakan beberapa latihan militer skala besar di berbagai wilayah dalam negeri dalam beberapa bulan terakhir.

Latihan militer skala besar Iran akhirnya dilakukan di tengah ketegangan negara tersebut dengan AS, ancaman oleh Israel, dan ketidaksepakatan dengan tetangga barat laut Azerbaijan.

Yadollah Javani, wakil politik IRGC, mengatakan kepada penyiar negara bahwa AS berusaha untuk mencegah penjualan minyak Iran dan menegakkan sanksi sepihak yang dijatuhkannya, setelah penarikan 2018 dari kesepakatan nuklir Iran 2015.

Baca juga: Curiga terhadap Program Drone Iran, AS Kembali Beri Sanksi

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com