Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes RI Roma Hadiri Konser Amal Sambil Promosikan Indonesia

Kompas.com - 29/08/2021, 10:25 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber Rilis

ROMA, KOMPAS.com - Dubes RI Roma hadiri konser amal “Olimpiadi del Cuore” yang diselenggarakan di kota Forte dei Marmi pada Jumat malam, 26 Agustus 2021.

Dubes RI Roma bersama tim KBRI Roma didampingi Konsul Kehormatan RI di Firenze, Jacopo Cappuccio pada 26-27 Agustus 2021 melakukan serangkaian kegiatan kerja dan promosi Indonesia di kawasan Versilia, Provinsi Tuscana Italia.

Acara dimulai dengan pertemuan informal dengan para tamu undangan konser amal di Bagno Alpemare, sementara konser musik amal diselenggarakan setelahnya di Villa Bertelli Forte dei Marmi.

Tampil di acara konser ini para penyanyi dan musisi kenamaan Italia diantaranya penyanyi tenor Andrea Bocelli, Al Bano, Ruggeri, Ivana Spagna, Fausto Leali, Jo Squillo, Luisa Corna dan lainnya, disamping beberapa panyanyi mancanegara.

Baca juga: Dubes RI untuk Austria Bedah Buku Diplomasi Membumi: Narasi Cita Diplomat Indonesia”

 

Secara khusus, penyanyi kelahiran Indonesia, Anggun Cipta Sasmi tampil duet bersama Andrea Bocelli menyanyikan lagu “Can’t Help Falling in Love”, dilanjutkan dengan penampilan solo membawakan lagu “Snow on the Sahara”.

Sebagai pembuka konser, Wali kota Forte dei Marmi, Bruno Marzi, bersama dengan Dubes Esti Andayani telah menyampaikan pidato pembukaan pada konser amal bertemakan “La Canzone del Cuore” (Nyanyian dari Hati) ini.

Lebih dari 1,200 penonton memadati area Villa Bertelli menyaksikan konser yang juga disiarkan secara langsung di beberapa TV Italia.

Dalam sambutannya, Dubes Esti Andayani menyampaikan, “Indonesia dan Italia memiliki kesamaan pandangan mengenai pentingnya penguatan kerja sama dan kolaborasi global dalam menghadapi berbagai tantangan dunia saat ini, termasuk menghadapi pandemi Covid-19."

"Akses terhadap vaksin Covid-19 tentunya haruslah adil, bagi seluruh negara, untuk seluruh orang,” kata Dubes Esti dalam rilis KBRI Roma pada Sabtu (28/8/2021).

Baca juga: Dubes RI di Inggris Serahkan Surat Kepercayaan ke Ratu Elizabeth II

 

Dilanjutkannya, “Semangat saling membantu, peduli sesama, khususnya terhadap masyarakat yang sedang kesusahan dan membutuhkan bantuan, juga telah menjadi bagian dari karakter kepribadian rakyat dan bangsa Indonesia”, jelasnya.

Mengutip kata mutiara dari filsuf Romawi kuno Marcus Tullius Cicero, Dubes RI mengharapkan aksi nyata bersama, seperti penyelenggaraan konser amal ini yang perlu terus dilanjutkan, dengan mengundang partisipasi penampil dari berbagai negara lainnya, termasuk Indonesia.

Selanjutnya pada 27 Agustus 2021, Dubes RI dan tim KBRI Roma juga telah melakukan pertemuan kerja sekaligus promosi Indonesia kepada beberapa pihak di kawasan Versilia, diantaranya dengan jajaran pemerintah kota (Pemkot) Forte dei Marmi, Pemkot Seravezza, asosiasi hotel dan restauran, serta kelompok pengusaha lainnya.

Dubes RI juga menjelaskan potensi investasi di Indonesia, informasi mengenai UU Cipta Kerja, Indonesia Investment Authority (INA), serta mendorong partisipasi pengusaha Italia untuk ikut dalam kegiatan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-36 yang akan diselenggarakan secara daring (digital edition) pada 21 Oktober-4 November 2021.

Baca juga: Dubes RI untuk Rusia Jose Tavare Serahkan Surat-surat Kepercayaan kepada Vladimir Putin

 

Kepada pihak-pihak terkait, telah dibagikan pula bahan informasi dan promosi pariwisata Indonesia, buku mengenai batik Indonesia, buletin Gema Indonesia KBRI Roma, serta produk-produk Indonesia diantaranya teh kotak, bubuk coklat, aneka kopi Bali, dan minuman tradisional seperti beras kencur dan kunyit asem.

Kawasan "Versilia" terdiri atas kota-kota di sekitar pantai provinsi Toscana, yaitu kota Forte dei Marmi, Pietrasanta, Seravezza, Stazzema, Viareggio dan Camaiore. Kota Forte dei Marmi terkenal sebagai salah satu resort wisata musim panas terbaik di Italia, tempat tinggal golongan elit, pebisnis dan selebriti Italia.

Sementara itu, kota Seravezza dikenal sebagai penghasil marmer terbaik di Italia dan memiliki sekolah khusus untuk desain batu marmer.

Di kawasan ini juga terdapat beberapa industri yang cukup maju, diantaranya industri perikanan laut, pertanian dan floriculture (tanaman bunga hias).

Baca juga: Dubes RI di Finlandia Serahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Estonia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com