Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anthony Fauci: AS Menuju Arah yang Salah dalam Pandemi Ini

Kompas.com - 26/07/2021, 06:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Pakar penyakit menular asal Amerika Serikat (AS) Anthony Fauci memperingatkan bahwa AS menuju arah yang salah dalam pandemi ini.

Pasalnya, kasus Covid-19 di antara orang-orang yang tidak divaksinasi di “Negeri Paman Sam” melonjak tajam di seluruh penjuru negeri sebagaimana dilansir New York Post, Minggu (25/7/2021).

Saat ditanya mengani prediksi bahwa AS dapat mengalami 4.000 kematian dalam sehari jika tingkat vaksinasi tidak membaik, Fauci menjawab bahwa kemungkinan terburuk itu mungkin saja tidak terjadi.

Baca juga: AstraZeneca Akan Produksi Lebih Banyak Vaksin Covid-19 untuk Asia Tenggara

“Saya tidak begitu yakin itu akan menjadi skenario terburuk, tetapi itu tidak akan baik. Kita menuju ke arah yang salah," kata Fauci di "State of Union" CNN.

Fauci mengatakan, AS sebenarnya memilik kuasa untuk mencegah skenario terburuk dalam prediksi itu terjadi, terutama dengan menggalakkan upaya vaksinasi.

“50 persen (populasi) negara belum sepenuhnya divaksinasi. Itu jadi masalah, apalagi kalau ada varian seperti Delta yang punya karakteristik luar biasa bisa menyebar dengan sangat efisien dan sangat mudah dari orang ke orang,” ujar Fauci.

Baca juga: Ejek Vaksin Covid-19, Pria Ini Meninggal karena Virus Corona

“Jika kita tidak memvaksinasi orang-orang, model akan memprediksi bahwa kita akan berada dalam masalah karena kita terus mendapatkan lebih banyak kasus,” lanjutnya.

Pakar penyakit menular top AS itu juga ditanya apakah pejabat kesehatan akan merevisi pedoman masker untuk rakyat AS yang sudah divaksinasi.

“Ini sedang menjadi pertimbangan,” jawab Fauci. Dia menambahkan bahwa kewajiban pemakaian masker juga tergantung pada otoritas lokal.

Baca juga: Ahli: Jarak 8 Minggu Antar-dosis Vaksin Pfizer Beri Kekebalan Terbaik Lawan Covid-19

“Jika Anda melihat apa yang terjadi secara lokal seperti LA County, pejabat lokal memiliki kebijaksanaan dan CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS) setuju dengan kebijaksanaan itu,” ujar Fauci.

Rata-rata kasus Covid-19 tujuh harian di AS naik 53 persen dibandingkan pekan sebelumnya.

Saat ini, sekitar 99,5 persen kematian akibat Covid-19 dan 97 persen pasien rawat inap adalah mereka yang tidak divaksinasi.

Baca juga: Perusahaan Israel Akan Uji Klinis Vaksin Covid-19 Oral Pertama di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com