Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2021, 22:04 WIB
Krisna Diantha Akassa,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

ZURICH, KOMPAS.com - Di mana kopi diseduh, di sana ada persahabatan. Ucapan Abdul Kadir Ansari, syekh Arab Saudi di abad 16 ini, agaknya pas dialamatkan ke Omnia Coffee, kedai kopi di Stauffacherstrasse 105, Zurich, Swiss.

Paling tidak, ketika Kompas.com memasuki kedai kopi di kawasan Helvetiaplatz ini, tidak hanya secangkir kopi yang sampai di tangan konsumennya, tapi juga kehangatan antara barista dan pelanggannya.

Pelanggan Omnia, setelah membayar cappuccino-nya, tidak serta merta bergegas meninggalkan kedai kopi tersebut. Tapi ada yang memulai percakapan ringan. Tentang cuaca, tentang kopi, tentang Indonesia.

Baca juga: Cerita 3 Pemuda Disabilitas Jatuh Bangun Pertahankan Kedai Kopi di Tengah Pandemi...


"Yang datang kemari, bukan sekadar ingin ngopi. Tapi juga ingin tahu, bagaimana kopi hangat ini sampai di tangannya,“ tutur Alista Oksanti ketika ditemui Kompas.com.

Kopi yang diseduh Alista, bukan sekadar kopi biasa. Memang jenis robusta atau arabika. "Namun semua dari Indonesia, di-roasted-nya juga di sana,“ imbuh wanita asal Semarang ini.

Alista lalu menunjukkan beberapa bungkus kopi dari Bali, Toraja, Sumatera hingga Flores. "Konsumen bisa memilih cappucino atau cafe latte, tapi bahan dasar kopinya tetap dari Nusantara,“ akunya.

Dari asal muasal kopi ini, imbuh Alisa, percakapan antara barista dan pelanggannya, mengalir lancar. "Saya sampai terharu, kalau ada orang Swiss yang bersusah payah berbicara dengan bahasa Indonesia,“ tutur Alista. Tidak jarang, ada pelanggan yang lancar bahasa Indonesia.

Omnia Coffee memang didisain untuk itu. Dari kopi, percakapan dimulai. Jika akhirnya merambah jauh di luar perkopian, namun biasanya tetap mengarah ke Indonesia.

"Barista tidak hanya dituntut menyajikan kopi dengan kualitas terbaik, namun juga bisa menceritakan asal muasal secangkir kopi hangat di tangan pelanggan,“ kata Alista.

Baca juga: Indonesia Bidik Ekspor Kopi hingga Kakao ke Inggris

Omnia Coffee memenuhi syarat untuk menjadi kedai dengan kisah kopi kopinya. Martin Ponti, pria Swiss penggagas kedai ini, 20 tahun bergulat dengan perkopian di Indonesia.

Bukan hanya bahasa Indonesianya yang lancar, namun seluk beluk kopi Indonesia, suami Alista ini hapal luar dalam.

"Saya pernah bekerja di perusahaan kopi di Indonesia, bagian quality control,“ katanya. Martin menyandang ahli kopi bersertikasi Q Grade Expert, ahli kopi paling tinggi kastanya.

"Swiss mampu menciptakan mesin kopi kelas dunia, namun umumnya mereka meminum kopi dari mesin full otomatis,“ kata Martin. Tinggal tekan satu tombol, tak sampai semenit, sudah ada secangkir cappucino atau espresso. "Kalau di Indonesia tiap rumah punya rice cooker, di Swiss punya mesin kopi,“ kata Martin.

Martin Ponti, laki-laki asal Swiss yang 20 tahun mendalami Kopi Indonesia, sedang meracik Cappucino di kedainya. Bersama Alista dan Adam Ponti, dia mendirikan warkop Indonesia pertama di Zurich, Swiss, yang dia beri nama Omnia Coffee.KOMPAS.com/Krisna Diantha Martin Ponti, laki-laki asal Swiss yang 20 tahun mendalami Kopi Indonesia, sedang meracik Cappucino di kedainya. Bersama Alista dan Adam Ponti, dia mendirikan warkop Indonesia pertama di Zurich, Swiss, yang dia beri nama Omnia Coffee.

Agar kenikmatan sejati minum kopi bisa diresapi, kata Martin, semua bahan harus diracik seksama. "Kehangatan susunya harus pas. Begitu juga takaran kopinya,“ imbuhnya.

Di kedai kopi ini, Martin menimbang setiap serbuk kopi yang baru saya digerus, sebelum diseduh air panas. Kehangatan susu yang terukur, kata Martin, bisa menciptakan cappucino yang memandarkan rasa manis, meskipun tanpa gula.

Baca juga: Cara Aman Minum Kopi untuk Penderita Gerd

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com