Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meme Bernie Sanders Raup Rp 25,3 Miliar Dana Amal Hanya dalam 5 Hari

Kompas.com - 28/01/2021, 10:59 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Meme Bernie Sanders dari foto dirinya saat menghadiri pelantikan Joe Biden, berhasil mengumpulkan uang 1,8 juta dollar AS (Rp 25,3 miliar) dalam penggalangan dana amal.

Di pelantikan Biden itu Sanders difoto duduk mengenakan jaket dan sarung tangan, jauh dari kesan glamor seperti tamu-tamu lainnya.

Senator Vermont berusia 79 tahun tersebut pada Rabu (27/1/2021) mengumumkan, dana amal sebanyak itu terkumpul selama lima hari melalui penjualan suvenir bergambar fotonya yang jadi meme.

Baca juga: Bernie Sanders Manfaatkan Meme Viral untuk Himpun Uang

Meme Bernie Sanders beredar hingga ribuan foto di dunia maya yang membuat popularitasnya melejit.

"Jane (istri Sanders) dan saya salut dengan semua kreativitas yang ditunjukkan begitu banyak orang selama seminggu terakhir, dan kami senang dapat memanfaatkan ketenaran saya di internet untuk membantu warga Vermont yang membutuhkan," kata Sanders dikutip dari AFP.

"Tetapi jumlah uang ini tidak menggantikan anggaran Kongres," lanjutnya merujuk pada bantuan dana besar-besaran saat pandemi virus corona.

"Saya akan melakukan semua yang saya bisa di Washington untuk memastikan pekerja di Vermont dan seluruh negeri, mendapat bantuan yang mereka butuhkan di tengah krisis terburuk yang kami hadapi sejak The Great Depression."

Baca juga: 7 Fakta Meme Bernie Sanders yang Viral sampai Indonesia

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com