Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertarungan Capres Demokrat Mengerucut ke Joe Biden Vs Bernie Sanders

Kompas.com - 04/03/2020, 21:11 WIB
Ericssen,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

LOS ANGELES, KOMPAS.com – Siapa jagoan yang bakal diusung Partai Demokrat dalam Pilpres AS 2020 mendatang sudah mulai terang dalam Super Tuesday, Selasa (3/3/2020).

Pemilihan yang berlangsung di 14 negara bagian dan teritori ini mulai mengerucut kepada mantan Wakil Presiden Joe Biden dan Senator Vermont Bernie Sanders.

Biden memenangkan sembilan negara bagian yaitu Alabama, Arkansas, Massachusetts, Minnesota, North Carolina, Oklahoma, Tennessee, Texas, dan Virginia.

Baca juga: Mengejutkan, Joe Biden Unggul di Super Tuesday

Sementara Sanders menggamit California, Colorado, Utah, dan Vermont. Mantan Wali Kota New York Mike Bloomberg unggul di teritori Samoa Amerika.

Adapun hasil Super Tuesday di Negara Bagian Maine masih ketat di mana Biden unggul tipis sebesar satu persen dari Sanders.

Comeback spektakuler Biden

Tidak ada yang menduga Joe Biden akan meraih hasil yang jauh lebih gemilang dari yang diharapkan olehnya sendiri.

Biden menyapu bersih negara bagian di Selatan termasuk Texas yang notabene Sanders selalu unggul di jajak pendapat sebelum hari pemilihan.

Secara mengejutkan, mantan Wakil Obama itu juga mempermalukan pesaingnya Senator Elizabeth Warren di kampung halamannya di negara bagian Massachusetts.

Biden tidak memiliki kantor kampanye dan tidak pernah menginjakan kaki sekali pun berkampanye di Massachusetts.

Baca juga: Menang Telak di Carolina Selatan, Joe Biden Jadi Penantang Terberat Bernie Sanders

Kejayaan mantan Senator Delaware itu melanjutkan momentum kebangkitan dari kemenangan besarnya di South Carolina akhir pekan lalu.

Kampanye Biden sempat diprediksi akan kolaps setelah hasil buruk yang diraihnya, baik di Kaukus Iowa dan primary New Hampshire.

Ini adalah comeback politik paling spektakuler dalam sejarah pemilihan pendahuluan (primary) di Amerika Serikat (AS).

Kesuksesan politisi beraliran politik moderat itu juga tidak terlepas dari mundurnya dua pesaing yang satu ideologi dengannya. Yaitu mantan Wali Kota South Bend Pete Buttigieg serta Senator Minnesota Amy Klobuchar.

Bukan hanya mundur, kedua politisi ini juga memberikan dukungan kuat sehari sebelum Super Tuesday kepada Biden yang melapangkan jalurnya sebagai calon unggulan dari sayap partai moderat.

Baca juga: Obama Kritik Pemimpin Uzur, Joe Biden: Itu Bukan Saya

Tidak ketinggalan, Michael Bloomberg yang jadi satu-satunya pesaing moderat tersisa rupanya tidak terlalu memecah suara Biden.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com