Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airbnb Larang Perusuh Gedung Capitol Menginap Jelang Pelantikan Biden

Kompas.com - 13/01/2021, 14:42 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber CNN

WASHINGTON, KOMPAS.com - Airbnb mengumumkan rencana untuk membatasi perusuh yang menyerbu Gedung Capitol, agar tidak kembali ke daerah Washington DC saat pelantikan presiden minggu depan.

Melansir CNN pada Senin (11/1/2021), Airbnb mengatakan akan meninjau semua reservasi area Washington DC, Amerika Serikat (AS).

Siapa pun yang terkait dengan kelompok penyebar kebencian akan dibatalkan reservasinya dan dilarang menggunakan jasa Airbnb.

Perusahaan iru juga mengatakan akan mengambil tindakan terhadap individu yang terlibat dalam aktivitas kriminal di Gedung Parlemen minggu lalu. Termasuk melarang mereka secara permanen dari platform.

Airbnb tidak menyampikan lebih lanjut tindakan apa yang akan diambil di luar larangan tersebut.

Langkah yang dijalankan Airbnb, mungkin tidak dapat mencegah seseorang dengan niat kekerasan untuk tinggal di salah satu propertinya.

Masalahnya, nama setiap orang yang terlibat dalam kerusuhan Gedung Capitol tidak diketahui. Jadi sulit untuk mengeluarkan larangan komprehensif.

Baca juga: Para Pemimpin Militer AS Sepakati Penyerbuan Gedung Capitol Pemberontakan Lawan Hukum

Airbnb mengatakan akan merujuk pada catatan penangkapan 6 Januari dari departemen kepolisian DC. Termasuk juga melihat daftar penangkapan dan dakwaan dari siaran pers Jaksa Penuntut AS.

Perusahaan Ini telah menghapus orang-orang yang terkait dengan kelompok penyebar seruan kebencian dari platformnya sebelumnya. Termasuk setelah kerusuhan di Charlottesville, Virginia.

Airbnb menolak mengatakan apakah telah membatalkan reservasi apa pun sejak memperluas rencana keamanannya untuk DC pada Senin (11/1/2021).

Airbnb juga menolak mengatakan apakah akan meninjau reservasi di dekat semua gedung DPR negara bagian, tempat protes bersenjata sedang direncanakan, menurut FBI.

Wali Kota DC, Muriel Bowser telah mendorong warga AS untuk menjauh dari kota, dan untuk menonton pelantikan secara online.

Hotel di wilayah DC juga harus bergulat dengan risiko berpotensi menampung orang-orang yang melakukan kerusuhan minggu lalu di Gedung Capitol.

Thomas Penny, Presiden Layanan Perhotelan Donohoe, yang mengoperasikan 12 hotel di area DC, mengatakan orang-orang yang terlibat dalam kerusuhan itu menginap di beberapa hotelnya.

Namun dia mengatakan hotelnya tidak tahu siapa sebenarnya yang terlibat dalam kekerasan itu.

Baca juga: Biden Nyatakan “Tidak Takut” Ambil Sumpah Jabatan di Gedung Capitol AS

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com