Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilot Jadi Kambing Hitam Kasus Pertama Covid-19 di Taiwan Sejak April

Kompas.com - 22/12/2020, 16:41 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

TAIPEI, KOMPAS.com - Taiwan melaporkan penularan lokal Covid-19 pertamanya sejak April pada Selasa (22/12/2020), dan menyalahkan seorang pilot asing.

Dilansir Kompas.com dari AFP, transmisi lokal ini mengakhiri 253 hari bebas virus corona di pulau pimpinan Presiden Tsai Ing-wen itu.

Otoritas kesehatan setempat mengatakan, seorang wanita berusia 30-an tahun dites positif virus corona setelah berkontak dengan pilot Selandia Baru, yang bekerja untuk sebuah maskapai penerbangan Taiwan.

Baca juga: Penularan Lokal Covid-19 di Taiwan Muncul Lagi, Pertama Sejak April

Menteri Kesehatan Taiwan Chen Shing-ching mengatakan, pilot tidak jujur mengungkap kontak dan aktivitasnya kepada pihak berwenang, setelah dia dikonfirmasi sebagai carrier (orang positif Covid-19).

Otoritas setempat juga mengungkap, pilot itu mengunjungi beberapa tempat termasuk department store. Ia pun didenda 300.000 dollar Taiwan (Rp 151,5 juta).

Kasus pertama sejak April ini menjadi pukulan bagi Taiwan, yang sempat dipuji karena responsnya menghadapi wabah Covid-19.

Sebelumnya Covid-19 di Taiwan mencatatkan 770 kasus dan 7 kematian, setelah menutup perbatasannya lebih awal dan menerapkan karantina ketat.

Baca juga: Kapal Induknya Lintasi Selat Taiwan, China Berdalih Gelar Latihan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com