Kompas.com - 21/12/2020, 14:51 WIB
Kapal induk terbaru China yang diberi nama Shandong ketika meninggalkan pelabuhan Dalian tempatnya diciptakan. Kapal yang diklaim produksi dalam negeri itu secara resmi ditugaskan pada Selasa (17/12/2019). Imaginechina via South China Morning PostKapal induk terbaru China yang diberi nama Shandong ketika meninggalkan pelabuhan Dalian tempatnya diciptakan. Kapal yang diklaim produksi dalam negeri itu secara resmi ditugaskan pada Selasa (17/12/2019).

BEIJING, KOMPAS.com – Kapal induk milik China, Shandong, dilaporkan telah berlayar melintasi Selat Taiwan dan ditanggapi Taiwan dengan penyiagaan kapal tempur dan pesawat.

Pada Senin (21/12/2020), Angkatan Laut China menyatakan bahwa Shandong melintasi Selat Taiwan dalam pelayarannya ke latihan rutin di Laut China Selatan.

Dilansir dari Reuters, aksi tersebut semakin meningkatkan ketegangan antara Beijing dengan Taipei di kawasan itu.

Baca juga: Kapal Induk China Mendekat, Taiwan Kerahkan Kapal Perang dan Pesawat

Sebelumnya, Shandong melintasi Selat Taiwan pada Minggu (20/11/2020) dan dikawal oleh empat kapal perang,

Pelayaran Shandong dan keempat kapal perang itu terjadi selang sehari sete;ah kapal perang AS transit di perairan tersebut.

Angkatan Laut China mengatakan, Shandong dan kapal-kapal yang menyertainya dengan lancar melintasi Selat Taiwan.

Baca juga: Taiwan Perpanjang Larangan Kedatangan Migran Indonesia, Ternyata Ini Sebabnya...

Angkatan Laut China menambahkan, kapal-kapal tersebut berlayar untuk menggelar latihan rutin di Laut China Selatan.

Latihan tersebut adalah bagian dari kegiatan normal yang dibuat sesuai dengan rencana tahunan, sambung Angkatan Laut China.

“Ke depan, kami akan terus menggelar operasi serupa berdasarkan kebutuhan pelatihan,” ujar Angkatan Laut China.

Baca juga: Hubungan Dengan China Makin Panas, Taiwan Luncurkan Pembunuh Kapal Induk

Di sisi lain, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, Shandong ditemani oleh empat kapal perang dan telah berangkat dari pelabuhan Dalian di China utara pada Kamis (17/12/2020).

Halaman:

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X