Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kanselir Jerman Minta China "Transparan" soal Virus Corona

Kompas.com - 20/04/2020, 23:15 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

BERLIN, KOMPAS.com - Kanselir Jerman Angela Merkel meminta China agar transparan terkait penanganan mereka melawan wabah virus corona.

Sejak wabah virus dengan nama resmi SARS-Cov-2 itu merebak sejak Desember 2019, Beijing mendapat sorotan atas cara mereka mengatasi krisis.

Kritis yang muncul menyatakan, China dianggap menurunkan cakupan dan dampak yang timbul karena merebaknya pandemi virus corona.

Baca juga: Trump Peringatkan China Akan Hadapi Konsekuensi atas Wabah Covid-19

Sementara di Amerika Serikat (AS), berembus teori konspirasi bahwa virus itu bocor dari laboratorium yang berlokasi di Wuhan.

Sang Kanselir Jerman mendesak Beijing untuk membuka informasi mengenai masa awal pandemi, terutama sumber dari SARS-Cov-2 tersebut.

"Saya percaya semakin transparan China terkait asal virus, semakin baik bagi dunia untuk belajar mengatasinya," kata dia dikutip AFP Senin (20/4/2020).

Peneliti Negeri "Panda" menyatakan, wabah itu menular ke manusia di pasar basah, lokasi yang juga menjual berbagai hewan liar.

Teori yang tak bisa dibuktikan kebenarannya bahwa virus itu berasal dari laboratorium berkeamanan tinggi di Wuhan diembuskan sejumlah pejabat AS.

Baca juga: Wuhan Revisi Data Covid-19, Korban Meninggal Naik 50 Persen Jadi 3.869

Termasuk Menteri Luar Negeri Mike Pompeo yang memaparkan, penyelidikan tengah mereka gelar untuk mencari tahu kenapa patogen itu bisa "keluar ke dunia".

Institut Virologi Wuhan, laboratorium yang dituding sebagai lokasi bocornya wabah, menyanggahnya dan menyebut teori itu "mustahil".

Pemerintah China dituding berusaha menurunkan tingkat bahaya dari wabah, dengan otoritas Wuhan mengakui terdapat kesalahan.

Pekan lalu, pemerintah ibu kota Negara Bagian Hubei tersebut melakukan perbaikan, yang berakibat pada kenaikan 50 persen korban meninggal.

Selain Angela Merkel, sejumlah pemimpin Barat menyoroti Negeri "Panda", salah satunya adalah Presiden Perancis Emmanuel Macron.

Baca juga: Trump Pertanyakan Apakah China Sengaja Ciptakan Krisis Covid-19

Kepada Financial Times, Macron berujar adalah "naif" bagi mereka jika meyakini China mengatasi pandemi tersebut dengan baik.

"Jelas ada sesuatu yang terjadi, dan tentunya yang tidak kami tahu," terang Presiden Perancis yang menjabat sejak 14 Mei 2017 itu.

Di Inggris, Menteri Luar Negeri Dominic Raab menyatakan Beijing bakal menghadapi "pertanyaan tajam" terkait penanganan Covid-19.

Di antaranya adalah pertanyaan seperti bagaimana virus itu bisa muncul di dunia, dan mengapa mereka tak langsung menghentikannya.

Sementara Australia menyerukan adanya investigasi independen terkait respons global, termasuk cara penanganan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Dalam keterangan kementerian luar negeri, mereka "bersikukuh" untuk melakukan peninjauan, seperti cara China mengatasi virus corona.

Baca juga: Trump: Kasus Virus Corona di China Jauh Lebih Tinggi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com