Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Olah Sisa Hidangan Lebaran, Jangan Masak Terlalu Lama

Kompas.com - 10/04/2024, 13:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Ada berbagai cara yang bisa dilakukan atau dipraktikkan untuk mengolah kembali hidangan Lebaran. Setelah momen bersama keluarga dan teman, sering kali beragam hidangan masih tersisa banyak.

Namun, janganlah khawatir, karena masih ada banyak cara untuk mengolah sisa-sisa hidangan Lebaran menjadi sajian yang lezat dan menarik.

Dengan sedikit kreativitas dan pengetahuan tentang berbagai teknik masak ulang, ikuti tips olah sisa hidangan Lebaran dari buku "Buku Seri Wirausaha Kuliner Edisi Lebaran – 92 Resep Sajian Lebaran" (2015) oleh Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada.

Baca juga:

1. Jangan simpan sisa hidangan dalam satu wadah

Sering kali hidangan khas Lebaran terbuat dari santan sebagai bahan dasarnya. Walau kebanyakan memiliki kuah yang bersantan, sebaiknya jangan disimpan dalam satu wadah.

Pisahkan setiap hidangan sebelum disimpan untuk memudahkan penyimpanan dan pengolahan kembali.

2. Simpan di freezer

Sebaiknya, simpan dalam wadah berbeda. Gunakan mangkuk atau kantong plastik dan simpan dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya. Simpan sisa hidangan Lebaran dalam lemari es atau freezer.

Jika kamu memiliki sisa hidangan Lebaran seperti kue kering dan roti, sebaiknya juga disimpan secara terpisah.

Ilustrasi rendang padang.Shutterstock/Dewi Permanik Ilustrasi rendang padang.

3. Jangan simpan terlalu lama

Selanjutnya, hindari menyimpan sisa olahan hidangan Lebaran di lemari es dalam waktu yang cukup lama. Simpan sisa hidangan hanya 1-3 hari saja. Hal ini agar cita rasanya tidak menjadi hambar.

4. Jangan masak terlalu lama

Saat akan mengolah sisa hidangan Lebaran, jangan menggunakan api besar. Cukup masak dengan api sedang dengan waktu yang tidak terlalu lama.

Cukup hangatkan sebentar saja. Sebab, pemanasan tinggi akan mengurangi zat gizi baik yang terkandung dalam makanan tersebut.

5. Olah menjadi menu baru

Tambahkan bahan jenis sayuran, buah, dan daging untuk menu masakan dari sisa hidangan Lebaran. Proses masak ini memberikan cita rasa pada kuliner menjadi baru dan menggugah selera.

Buku "Buku Seri Wirausaha Kuliner Edisi Lebaran – 92 Resep Sajian Lebaran" (2015) oleh Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com