Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Bikin Bubur Sumsum Lembut untuk Takjil Buka Puasa

Kompas.com - 22/03/2024, 13:37 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com Bubur sumsum adalah hidangan tradisional Indonesia yang terbuat dari beras putih kemudian dicampur dengan santan dan gula Jawa. Namun, kamu bisa membuat bubur sumsum dengan menambahkan bahan sesuai selera.

Misalnya, menambahkan sagu mutiara dan biji salak. Kamu juga bisa menghidangkannya dengan potongan es batu atau sajikan hangat.

Resep bubur sumsum santan instan

Bubur sumsum dihidangkan dengan gula merah dan dinikmati dalam keadaan hangat untuk takjil. Pada resep bubur sumsum yang satu ini menggunakan santan instan yang dicampur dengan air agar tidak terlalu mengental.

Baca juga: Resep Bubur Sumsum Santan Instan, Lebih Manis Lebih Praktis

Ilustrasi bubur sumsum hijau dengan saus kinca gula merah.SHUTTERSTOCK/ Edgunn Ilustrasi bubur sumsum hijau dengan saus kinca gula merah.

Resep bubur sumsum pandan

Bubur sumsum yang satu ini memiliki warna hijau yang menarik. Kamu pun bisa membuat bubur sumsum pandan ini sebagai ide jualan atau takjil dibawa ke masjid. Penyajiannya dengan saus kinca gula merah.

Baca juga: Resep Bubur Sumsum Pandan Lembut untuk Takjil

Resep bubur sumsum warna warni

Tak hanya warna putih dan hijau, kamu bisa menggunakan pewarna makanan lainnya seperti kuning dan biru. Hidangkan dalam satu mangkuk, dan tambah dengan ketan hitam agar lebih enak.

Baca juga: Resep Bubur Sumsum Warna Warni, Hidangkan untuk Takjil Manis

Bubur sumsum merupakan bubur tradisional Indonesia yang dapat menjadi ide sarapan di pagi hari.DOK.Shutterstock/Ariyani Tedjo Bubur sumsum merupakan bubur tradisional Indonesia yang dapat menjadi ide sarapan di pagi hari.

Resep bubur sumsum pink lembut

Hidangan tradisional yang satu ini menawarkan bubur sumsum merah muda untuk dua porsi makan. Tak menggunakan pewarna makanan, tetapi dengan penggunaan agar-agar warna merah.

Baca juga: Resep Bubur Sumsum Pink Lembut, Menu Tradisional yang Unik

Resep bubur sumsum tahu putih kuah jahe

Bubur sumsum terbuat dari tepung beras bisa dicampur dengan tahu putih, kemudian disiram dengan kuah jahe. Mengonsumsi makanan yang mengandung jahe dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh dan memberikan efek menghangatkan tubuh.

Baca juga: Resep Bubur Sumsum Tahu Putih Kuah Jahe, Sarapan yang Hangatkan Badan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com