Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2024, 11:39 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Tepung hunkwe terbuat dari pati kacang hijau. Umumnya, tepung hunkwe digunakan untuk membuat aneka kue tradisional Indonesia karena bisa memberikan tekstur kenyal dan lembut.

Kompas.com rangkum, sedikitnya ada lima resep olahan tepung hunkwe yang bisa kamu coba untuk sajian takjil yang dibagi-bagikan. Salah satunya, ada cara membuat es gabus yang mudah dan hasilnya disukai anak-anak. 

1. Resep es gabus

Cara bikin es gabus yang satu ini cukup mudah dan praktis. Adonan es gabus dibuat dari campuran tepung hunkwe, gula, susu, dan vanila. Campurkan semua bahan dan masak dengan api kecil hingga mengental. Angkat dan cetak.

Baca juga: Resep Es Gabus Tepung Hunkwe, Menu Takjil dari 4 Bahan

Ilustrasi ongol-ongol singkong. Kue tradisional bertabur kelapa parut. SHUTTERSTOCK/WIWIK WAHYUDI Ilustrasi ongol-ongol singkong. Kue tradisional bertabur kelapa parut.

2. Resep ongol-ongol hunkwe

Kue ongol-ongol juga bisa dibuat dengan menggunakan tepung hunkwe. Tepung hunkwe terkenal baik untuk panas dalam sehingga bisa menghasilkan tekstur kenyal lembut yang mudah ditelan.

Baca juga: Resep Ongol-ongol Hunkwe, Takjil Kue Tradisional Adem di Tenggorokan 

3. Resep kue lapis hunkwe

Kue lapis yang biasa dibuat dengan menggunakan tepung beras, kali ini kamu bisa membuatnya dari tepung hunkwe. Gunakan sekitar 150 gram tepung hunkwe dan campur dengan 1,5 liter santan dan 250 gram gula pasir.

Baca juga: Resep Kue Lapis Hunkwe, Kenyal dan Lapisannya Rapi

Ilustrasi es selendang mayang, dessert khas Indonesia.SHUTTERSTOCK/Ariyani Tedjo Ilustrasi es selendang mayang, dessert khas Indonesia.

4. Resep es selendang mayang

Es selendang mayang merupakan minuman khas Betawi yang terkenal. Berbeda dengan minuman lainnya, es selendang mayang memiliki tambahan kudapan berupa agar-agar hunkwe di dalamnya.

Biasanya, tepung hunkwe ini dicampur dengan tepung beras untuk menciptakan tekstur lembut tetapi tetap kokoh.

Baca juga: Resep Es Selendang Mayang Hunkwe, Takjil Adem di Tenggorokan 

5. Resep talam jagung hunkwe

Anda mungkin tengah mencari resep camilan tradisional yang dapat dikukus, seperti talam jagung hunkwe. Sajian ini dapat menjadi pilihan menu takjil manis yang nikmat disertai dengan secangkir teh hangat.

Baca juga: Resep Talam Jagung Hunkwe, Camilan Tradisional yang Direbus

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com