Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Makanan Khas Taiwan yang Halal, Ada Kembang Tahu

Kompas.com - 11/03/2024, 20:31 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika sedang berada di Taiwan dan sedang lapar, penting untuk memastikan makanan yang disantap halal, terutama bagi umat Islam.

Pasalnya, pedagang makanan kaki lima hingga restoran di Taiwan biasanya menambahkan daging atau minyak babi pada makanan.

Meskipun begitu, tidak perlu khawatir karena makanan halal di Taiwan ternyata cukup mudah ditemui.

Makanan khas Taiwan yang halal

Simak berapa rekomendasi makanan khas Taiwan halal berikut, berdasarkan buku panduan wisata Taiwan yang Kompas.com peroleh saat acara Taiwan Travel Fair, Jumat (8/3/2024).

Baca juga: Resep Es Krim Gulung Khas Taiwan, Pakai Kacang dan Seledri

1. Mi daging sapi

Seporsi mi daging sapi khas Taiwan terdiri dari potongan daging, tendon, kikil sapi, mi, dan disiram kuah rebusan yang kental.

Beef noodles khas TaiwanShutterstock Beef noodles khas Taiwan

Mulanya, masyarakat Taiwan tidak mengonsumsi daging sapi, tapi seiring dengan datangnya pemerintah Republik Tiongkok di Taiwan, gerai yang menjual hidagan daging sapi mulai bermunculan.

Baca juga: 8 Jajanan Pinggir Jalan Taiwan, dari yang Mirip Odading sampai Lumpia

2. Tahu Bau (chou dofu)

Tahu Bau atau chou dofu ialah kudapan rakyat yang paling istimewa di Taiwan. Hidangan ini dibuat dari olahan tahu yang sudah difermentasi.

Ilustrasi efek samping tahu untuk kesehatan.SHUTTERSTOCK/EDGUNN Ilustrasi efek samping tahu untuk kesehatan.

Tahu yang sudah difermentasi kemudian digoreng hingga garing, lalu disajikan dengan saus dan irisan bawang putih. Di Taiwan, Tahu Bau biasanya disantap bersamaan dengan kimchi dingin.

3. Telur dadar tiram

Sajian telur dadar tiram dibuat dari campuran tiram segar yang dimasak bersama sayur segar, telur, dan adonan tepung terigu.

Baca juga: 10 Festival Sepanjang Tahun di Taiwan, Lihat Uniknya Seni Ukir Pasir

Setelah itu goreng campuran tiram hingga mengembang bersama tambahan saus manis. Hidangan ini cukup popular, sehingga mudah ditemui di setiap gerai makanan di Taiwan.

4. Cong Zhua Bing

Cong Zhua Bing merupakan kudapan popular dari Provinsi Shandong, Daratan Tiongkok. Bentuknya serupa pancake, bisa dikombinasikan dengan keju, telur, sayur, daging ayam asap, dan kemangi.

Cong Zhua Bing, pancake daun bawang khas Taiwan.Dok. South China Morning Post Cong Zhua Bing, pancake daun bawang khas Taiwan.

Adonan digoreng tipis hingga kering, dan aroma wangi dari bawang akan terasa saat menyantapnya.

5. Kembang tahu

Tidak hanya ada di Indonesia, kembang tahu juga ada di Taiwan. Kembang tahu dibuat dari cairan kental kacang kedelai, teksturnya lembut dan bisa disantap setiap musim.

Ilustrasi kembang tahu saus jahe untuk makanan orang sakit.Shutterstock/Ika Rahma H Ilustrasi kembang tahu saus jahe untuk makanan orang sakit.

Konon, kembang tahu di Taiwan bermula dari sosok Liu An yang hidup pada zaman Dinasti Han. Liu membuat kembang tahu untuk disantap sang ibu supaya lebih mudah menelan makanan.

Baca juga:

Mulanya, Liu mengolah kacang kedelai menjadi minuman, kemudian suatu hari ia tidak sengaja menambahkan garam pada cairan kedelai. Alhasil, bentuknya berubah menjadi kembang tahu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com