Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencicipi 2 Minuman Takjil Segar ala Restoran Taiwan di Bogor

Kompas.com - 19/04/2022, 18:55 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Minuman dengan cita rasa manis dan segar dapat menjadi salah satu pilihan untuk melepas dahaga setelah lelah berpuasa seharian.

Di Hotplate Formost, Bogor, ada aneka jenis minuman segar yang dapat dipesan untuk menu buka puasa Ramadhan. 

Saat berkunjung ke Hotplate Formost, Kompas.com berkesempatan mencicipi dua minuman andalan.

Baca juga:

1. Mangga Kasmaran

Pecinta es buah sepertinya akan menyukai menu yang satu ini, karena dibuat dari campuran potongan buah mangga harum manis, es kelapa muda, daging kelapa muda,  dan susu sapi segar.

Bentuknya serupa dengan es buah pada umumnya, tapi yang menjadi perbedaan yaitu penambahan potongan buah mangga harum manis berukuran besar di dalamnya.

Daging buahnya yang tebal dan berwarna kuning oranye semakin terlihat menggiurkan saat dicampur dengan es kelapa muda dan susu.

Menu ini juga bisa dibuat sendiri di rumah dengan memanfaatkan anaka buah-buahan.

Kamu juga bisa menambahkan madu alami untuk menambah cita rasa manis apabila rasa manis dari buah-buah masih dirasa kurang.

Baca juga:

2. Es Kelapa Kopyor

Takjil segar ala Formost Bogor, Es Kelapa Kopyor.KOMPAS.com/MAULANA MAHARDHIKA Takjil segar ala Formost Bogor, Es Kelapa Kopyor.

Pernah mendengar istilah "kelapa kopyor?". Jenis kelapa ini kerap disebut dengan daging kelapa yang gagal. Hal ini karena bentuk dan rasa yang dihasilkan dari daging kelapa berbeda dari kelapa pada umumnya.

Jika biasanya daging kelapa terlihat mulus dan kerasa di bagian dalam tempurung, maka daging kelapa kopyor cenderung tidak rata, bergelombang, dan lunak.

"Kalau di pasaran, biasanya disebut kelapa rusak. Ini biasanya jarang terjadi pada kelapa,  sehingga lumayan sulit ditemukan dan harganya cukup mahal dibanding kelapa lainnya," kata pemilik sekaligus pengelola Formost Hotplate Effendy saat ditemui oleh Kompas.com di restoran Formost Hotplate pada Selasa (29/3/2022).

Es kelapa kopyor di Formost Hotplate dibuat dari campuran kelapa kopyor serut, sirup, susu kental manis, air dan daging kelapa muda, serta es batu supaya rasanya lebih segar.

Warna merah mudah cerah dari sirup yang dicampur dengan susu kental manis membuat saya teringat dengan aneka minuman tradisional yang kerap dijajakan oleh pedagang minuman di pasaran.

Rasanya manis segar karena menggunakan air kelapa muda sebagai tambahan pada minuman. Menu ini sepertinya cocok untuk kamu yang ingin bernostalgia dengan minuman tradisional. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com