Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Masak Kue Kering Matang Sempurna, Tidak Gosong Dasarnya 

Kompas.com - 05/02/2024, 14:12 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Membuat kue kering tergolong tidak sulit dalam segi bahan, justru letak kesulitannya ada pada proses memanggang. 

Ada beberapa faktor yang membuat kue kering tekstur dan bentuknya tidak terlalu bagus. Dalam beberapa kasus, kue kering gosong pada bagian dasarnya. 

Butuh ketelitian untuk memanggang kue kering dan sebaiknya terus dipantau berkala ketika kue kering dalam proses masak. Simak cara masak kue kering agar tidak gosong bagian dasarnya. 

Baca juga:

1. Hindari pakai loyang panggang warna gelap 

Loyang panggang warna gelap seperti hitam menjadi penghantar panas yang baik, tetapi dapat membuat resep rekomendasi waktu masak kue jadi meleset. 

Sebaiknya, pakai loyang alumunium untuk membuat kue kering. Loyang ringan dan murah ini adalah alas terbaik untuk masak kue kering.  

2. Gunakan satu loyang kue untuk sekali masak 

Umumnya oven rumahan memilki dua rak untuk loyang kue. Bagi pemula, sebaiknya panggang satu loyang isi kue per sekali masak. 

Dua loyang berisi kue membuat suhu panas pada oven tidak berputar sempurna, sehingga membuat kue kering matang tidak merata. 

Kamu bisa masak dengan dua loyang kue sekaligus, ketika sudah mengetahui karakter oven dan sebaran panasnya. 

Baca juga: 3 Tips Bikin Kue Kering Tidak Melempem saat Sampai Ke Konsumen

3. Ikuti resep asli kue, terutama pada bagian gula 

ilustrasi membuat nastar gulung.SHUTTERSTOCK/Hanifah Kurniati ilustrasi membuat nastar gulung.

Resep asli kue umumnya telah melalui uji coba, sehingga dapat memperhitungkan waktu masak dan suhu panggangan agar kue matang merata. 

Selain itu, sebisa mungkin ikuti resep asli kue. Jangan menambahkan jumlah gula, karena semakin banyak gula, kue akan lebih mudah gosong. 

Baca juga: 35 Resep Kue Kering Lebaran, dari Nastar, Putri Salju, hingga Semprit

4. Mainkan mode panggang pada oven

Oven listrik memiliki mode masak atas, bawah, atau keduanya. Saat kamu melihat kue kering sudah mulai coklat pada bagian dasarnya, sementara pada bagian atas masih terlalu pucat, ganti mode masak hanya pada mode masak atasnya.

Sebaliknya, jika baian atas kue tampak sudah matang tetapi dasarnya masih basah, putar mode masak ke bagian bawah saja. 

5. Cek kue kering sebelum waktu masak pada resep 

Membuka pintu oven secara berkala dapat membuat kue masak tidak sempurna.

Namun, saat kamu ragu akan tingkat kematangan kue kering coba buka sekitar 10 menit lebih awal dari waktu masak yang direkomendasikan resep. 

Cek bagian dasar kue, jika terasa sudah kering kamu bisa mengatur suhu pada oven agar kue kering matang merata dan sempurna.  

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com