Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopi Spesialti dari Kintamani Bali Hadir di Gerai Tomoro Coffee

Kompas.com - 22/01/2024, 19:26 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Jaringan kedai kopi Tomoro Coffee meluncurkan menu terbaru Master S.O.E. Series dengan biji kopi Karana Bali Kintamanis dari Kintamani, Bali, Indonesia.

Tomoro Coffee menyediakan 20 ton bikin kopi Karana Bali Kintamanis untuk didistribusikan ke lebih kurang 350 gerai di Indonesia dan dapat dinikmati serentak di kedai Pulau Jawa pada Kamis (18/1/2024) dan kedai luar Jawa mulai Rabu (24/4/2024). 

"Kami menggunakan biji kopi dari Indonesia untuk mewujudkan banyaknya permintaan dari para Tommunity (sebutan untuk pelanggan setia Tomoro Coffee) yang ingin mengeksplorasi rasa dari biji kopi Indonesia, sekaligus mendukung petani lokal dan memajukan industri kopi Indonesia," jelas Product Manager Tomoro Coffee, Hadi Suwardi, saat peluncuran S.O.E. Series di Halte Transjakarta Bundaran HI, Jakarta, Kamis (18/1/2024). 

Baca juga:

Biji kopi Karana Bali Kintamanis tumbuh di dataran tinggi Kintamani, Bali, di ketinggan 1.100-1.500 mdpl. 

“Dedikasi kami dalam mengejar kualitas terbaik terlihat jelas dari proses cupping terus menerus dan pendekatan yang akurat pada proses roasting," jelas Tomoro Cofee Master & Indonesia Barista Champion 2018, Muhammad Aga. 

Master S.O.E. Series dengan biji kopi Bali Kintamani ini berhasil mendapatkan skor 83 dalam tes skor cupping

S.O.E. Series Bali Kintamanis dari Tomoro Coffee. Dok. Tomoro Coffee S.O.E. Series Bali Kintamanis dari Tomoro Coffee.

Biji kopi ini dipanggang medium, untuk mengeluarkan karakter rasa yang disebutkan oleh Aga merupakan kombinasi tingkat keasaman dan manis. Profil rasa diibaratkan seperti tebu, kismis manis, dan di akhir renyah seperti wafer cokelat.

“Biji kopi dari dataran tinggi di sekitar pegunungan area Kintamani bukan hanya tentang rasa, tetapi juga tentang tradisi, sejarah, potensi alam, proses budidaya, dan kehidupan spiritual yang sudah ada sejak 200 tahun yang lalu,” kata Hadi. 

Baca juga: Menyimak Coffee Cupping, Seperti Apa Prosesnya?

Saat ini biji kopi Karana Bali Kintamanis bisa dipesan di Tomoro Coffe dalam tiga pilihan minuman yaitu, Caffé Americano, Caffé Latte, serta Breve Latte yang merupakan campuran susu dengan krim sehingga lebih creamy. Harganya mulai Rp 22.000 satu cangkir. 

Hadi menyebutkan saat ini S.O.E. Series dengan biji kopi Karana Bali Kintamanis masih fokus dijual di Tomoro Coffee dalam negeri, karena mempertimbangkan faktor kesegaran biji kopi.

"Karena untuk kopi single origin prosesnya rumit dan terbatas, ini menunjukkan ekslusifitas dan kopi enak berkualitas ke semua orang," jelasnya. 

S.O.E. Series rencananya akan terlus berlanjut di Tomoro Coffee, sembari mengeksplorasi biji kopi spesialti dari daerah lain di Indonesia atau luar negeri. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com