Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Benar Susu Kental Manis Bukan Susu? Ini Jawabannya

Kompas.com - 19/12/2023, 19:00 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Isu susu kental manis bukan susu merebak di kalangan masyarakat sehingga menjadi perdebatan. Padahal, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melalui Peraturan Kepala (Perka) Nomor 21 Tahun 2016 menyatakan bahwa susu kental manis adalah produk olahan susu yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu.

Menurut Standar Nasional Indonesia (SNI), susu kental manis didefinisikan sebagai produk susu berbentuk cairan kental. Produk ini diperoleh dengan menghilangkan air dari campuran susu segar dan gula tanpa penambahan bahan pangan lain.

Dua penjelasan itu menjawab presumsi bahwa susu kental manis bukan susu adalah hal yang tidak tepat. Pasalnya, bahan makanan ini termasuk kategori produk susu yang sudah lama dan banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Jika masih ragu dengan penjelasan tersebut, Anda bisa menyimak lebih lanjut tentang fakta bahwa susu kental manis adalah produk susu lewat awal mula bahan ini berasal. Dengan begitu, Anda bisa menepis anggapan susu kental manis bukan susu.

Baca juga: Amankah Mengonsumsi Susu yang Dicampur dengan Madu?

Awal mula penggunaan susu kental manis

Susu kental manis awalnya ditemukan oleh Gail Borden pada 1850-an. Inovasi dari penemu amatir kelahiran New York, Amerika Serikat (AS) itu telah membantu pasukan militer AS selama Perang Dunia (PD) I.

Saat itu, Borden berupaya meningkatkan umur simpan susu murni dengan menggunakan alat yang bisa menguapkan sebagian air dalam susu.

Produk susu kental manis awalnya hanya dikirim ke kawasan Eropa. Namun ketika PD II terjadi, susu kental manis dan kopi Perancis banyak diimpor ke negara Asia, terutama Vietnam.

Pada abad ke-19, imigran asal Perancis menginspirasi penemuan kopi Vietnam, yaitu minuman kopi dingin yang dibuat dengan cara menyeduh kopi kemudian dicampur susu kental manis.

Baca juga: 2 Beda Kopi Panas dan Dingin Selain Suhu Airnya Menurut Barista

Sebenarnya, negara di Eropa sudah mengenal kopi sejak abad ke-10, tepatnya di Italia dengan adanya pembukaan kedai kopi pertama, yaitu Botega Delcafe pada 1645.

Sementara itu, kedai kopi Perancis dibuka pada 1671 di Saint Germain Fair, Paris.

Pada abad ke-18, misionaris, para pedagang, serta kolonis mulai memperkenalkan kopi pada Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Setelah mengetahui sejarah singkat susu kental manis anggapan susu kental manis bukan susu tidaklah tepat. Sebab susu kental manis berasal dari susu murni yang kandungan airnya dihilangkan agar dapat disimpan tahan lama.

Baca juga: 4 Tempat Minum STMJ dan Susu Murni di Yogyakarta

Pemanfaatan susu kental manis sebagai pelengkap sarapan

Memasuki zaman modern, susu kental manis banyak digunakan sebagai salah satu bahan maupun topping berbagai macam makanan, termasuk menu sarapan.

Ingin tahu apa saja resep menu sarapan dengan susu kental manis? Melansir dari berbagai sumber, berikut tiga resep sarapan lezat dengan bahan dari susu kental manis.

Baca juga: 5 Menu Sarapan yang Bantu Kurangi Lemak Visceral

1. Roti tawar panggang sederhana

Ilustrasi roti tawar panggang. 
DOK. SHUTTERSTOCK/ Elena Veselova Ilustrasi roti tawar panggang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com