Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan, dari Perbaiki Mood Hingga Perkuat Tulang

Kompas.com - 13/11/2023, 13:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

Sumber WebMD

KOMPAS.com Buah alpukat merupakan salah satu buah yang punya kelezatan pada tekstur lembutnya. Selain itu, ada kandungan baik untuk tubuh yang bisa didapatkan dari mengonsumsi alpukat.

Seperti kandungan lemak, serat, vitamin, dan mineral untuk menjaga keseimbangan fisiologis.

Dilansir dari laman WebMD, ada delapan kandungan baik di dalam buah alpukat yang bisa kamu dapatkan saat mengonsuminya secara rutin.

Baca juga:

1. Melindungi mata

Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin yang menyerap gelombang cahaya berbahaya untuk penglihatan.

Orang yang mengonsumsi banyak makanan seperti buah alpukat ini memiliki lebih kecil mengalami degenerasi makula atau penyebab utama kebutaan pada orang tua.

Kandungan tersebut banyak ditemukan pada daging buah berwarna hijau gelap paling dekat dengan kulitnya.

2. Menurunkan berat badan

Dalam sebuah penelitian mengatakan kalau alpukat mengandung lemak tinggi yang tak jenuh tunggal. Lemak itu membantu memangkas lingkar pinggang.

Selain itu, kandungan serat dalam buah alpukat juga membuat perut merasa lebih kenyang.

3. Memperbaiki mood

Dalam secangkir irisan alpukat, kamu bisa mendapatkan sekitar 118 mikrogram folat. Selain itu, orang yang tidak mendapatkan cukup vitamin B akan lebih rentan terhadap depresi.

Ilustrasi manfaat alpukat untuk kesehatan kulit.Pexels/Anne Ilustrasi manfaat alpukat untuk kesehatan kulit.

4. Mengurangi peradangan dalam tubuh

Alpukat mengandung berbagai vitan B seperti B1 atau tiamin, B2 atau riboflavin, B3 atau niasin. Kandungan tersebut bisa membantu tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi.

Buah alpukat bisa sangat kaya akan niasin atau B3 yang mana bisa melawan peradangan tubuh dan melindungi arteri dengan meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida.

5. Menurunkan kolesterol jahat

American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi lemak tak jenuh seperti yang ada di dalam alpukat. Pasalnya, kandungan tersebut bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Melindungi dari penyakit Alzheimer

Buah alpukat bisa memberikan dosis vitamin E yang baik, sehingga bisa membantu melindungimu dari penyakit Alzheimer dan memperlambat penurunan daya ingat atau kemampuan berpikir.

7. Perkuat tulang

Kebutuhan vitamin K orang dewasa sebesar 15 persen per hari. Nutrisi ini bisa membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah patah tulang.

Masukkan potongan alpukat ke dalam salad bayam seperti salmon, tuna, telur yang mana punya banyak kandungan vitamin K dan D.

8. Menurunkan gula darah

Dalam laman WebMD, kalau mengonsumsi makanan nabati seperti buah alpukat bisa mengurangi kemungkinan seseorang terkena diabetes tipe 2 sekitar 20 persen dari sebuah penelitian di Harvard dengan meneliti sekitar 200.000 orang selama 20 tahun.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com