Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/11/2023, 17:05 WIB
Marsha Awang Lisba Siella,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rice paper adalah sejenis kertas yang terbuat dari bahan yang berasal dari tanaman beras Asia atau tanaman lain seperti murbei atau rami.

Rice paper umumnya berbentuk lembaran yang tipis dan berwarna transparan. 

Dalam kuliner, rice paper sering digunakan untuk membungkus makanan seperti lumpia, spring rolls, atau gulungan berisi berbagai isian. m.

Rice paper telah menjadi simbol budaya dan kuliner yang penting dari berbagai negara Asia dan bahkan umum ditemui di pasar bahan makanan khas Asia di luar negeri. 

Baca juga:

Bagaimana cara menggunakan rice paper di dapur ?

Melansir TIMESOFINDIA, rice paper sering dijual dalam bentuk lembaran tipis dan kering. Sebelum menggunakannya, kamu perlu merendamnya agar teksturnya berubah jadi lembut dan lentur.

Tambahkan air dingin atau air hangat ke dalam piring atau mangkuk yang lebih lebar dari ukuran rice paper

Pastikan kamu menggunakan satu lembar dengan rendam air selama beberapa detik. Kemudian goyangkan secara perlahan untuk menghilangkan kelebihan air.

Selain itu, jika terlalu basah, biarkan kering selama 1-2 menit atau letakkan di atas tisu dapur yang kering. Jika sudah, rice paper siap dibentuk sesuai bentuk yang diinginkan dan dililitkan pada bahan lainnya.

Rice paper yang digunakan untuk hidangan

Dalam penggunaan bahan makanan, lembaran tipis ini sering digunakan untuk membuat berbagai hidangan sehat.

Mulai dari membungkus sayuran segar seperti ketimun dan wortel, membuat spring roll, membungkus ikan atau ayam untuk dikukus.

Rice paper juga dapat digunakan untuk membuat pangsit, samosa, membuat pembungkus sandwich dan burrito, serta dapat digunakan sebagai pembungkus untuk sushi.

Selain jadi bahan makanan, rice paper ini juga populer dalam dunia seni visual, seperti melukis, membuat karya seni origami, dan berbagai jenis dekorasi. Tak jarang lembaran ini menjadi isnpirasi dalam membuat proyek seni dan kerajinan untuk menciptakan efek yang unik dan menarik.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com