Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Viral Kafe di Surabaya dengan Pramusaji Berkebutuhan Khusus

Kompas.com - 07/09/2023, 15:06 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Onni House Surabaya ramai dibicarakan beberapa waktu belakangan karena memiliki pramusaji berkebutuhan khusus.

Hal itu bermula dari sebuah video TikTok yang diunggah oleh @arvhiehanafi pada Kamis (23/8/2025) dan sudah ditonton lebih dari 14 juta kali di platform tersebut.

Cecilia Hermanto, Marketing Communication Onni House, menyampaikan bahwa pramusaji berkebutuhan khusus tidak bekerja tetap di kafe, melainkan hanya hadir selama lima hari sebagai bentuk perayaan ulang tahun kafe.

"Salah satu visi misi Onni House itu inspire people. Jadi, kami kepikiran membuat acara sosial dan setelah diskusi dengan tim dan akhirnya bekerja sama dengan Destiny Learning Center untuk membuat event ini," kata Cecilia saat dihubungi Kompas.com, Rabu (6/9/2023).

Ini adalah kali pertama Onni House Surabaya mengadakan program pramusaji berkebutuhan khusus di kafe.

Acaranya berlangsung pada 10-11, 18-19, dan 25 Agustus 2023. Mulanya, program ini hanya direncanakan berlangsung selama empat hari.

Namun, Onni House Surabaya melihat antusiasme dan respons positif dari pelanggan sehingga menambah satu hari untuk anak-anak berkebutuhan khusus melanjutkan program magangnya.

Pramusaji berkebutuhan khusus di Onni House Surabaya saat menjalani pelatihan merangkai bunga.DOK. Onni House Surabaya. Pramusaji berkebutuhan khusus di Onni House Surabaya saat menjalani pelatihan merangkai bunga.

"Sebelum viral, kami sudah menentukan untuk menambahkan satu hari karena responsnya cukup baik dan anak-anak mau lagi," tutur Cecilia.

Total tujuh anak magang berkebutuhan khusus berpartisipasi dalam program ini selama lima hari.

Jam kerja magangnya adalah tiga jam, mulai dari 11.00-14.00 WIB. Semua anak magang berkebutuhan khusus serempak bekerja pada hari dan jam yang sama.

Tugasnya dibagi menjadi dua, yakni bagian kitchen dan florist.

Selama 10-11, dan 25 Agustus 2023, semua anak magang ditempatkan di bagian dapur, kemudian pada 18-19 Agustus 2023 ditempatkan di bagian florist.

Anak magang bertugas melayani tamu dari mulai tiba di kafe, menawarkan menu, hingga mengantarkan makanan pada tamu.

Baca juga:

Pelatihan tiga minggu

Pramusaji berkebutuhan khusus di Onni House Surabaya saat menjalani pelatihan selama tiga minggu.DOK. Onni House Surabaya. Pramusaji berkebutuhan khusus di Onni House Surabaya saat menjalani pelatihan selama tiga minggu.

Semua anak magang berkebutuhan khusus di Onni House Surabaya diberikan pelatihan khusus selama tiga minggu sebelumnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com