Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menu Lengkap Gala Dinner KTT Ke-43 ASEAN, Ada Rawon dan Nasi Campur

Kompas.com - 07/09/2023, 09:23 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Gala Dinner Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN sukses digelar pada Rabu (6/9/2023) malam. 

Para tamu disuguhkan dengan berbagai makanan khas Indonesia yang bertema "Nusantara on the Forest". 

"Untuk inspirasi setiap hidangannya itu kita lempar untuk setiap tim menyediakan menunya,” kata koki Arnold Poernomo, dikutip dari laman Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. 

Untuk jamuan santap malam, Arnold berkolaborasi dengan sejumlah koki lain yang terkenal di antaranya Degan Septoadji dan Hans Christian. 

Baca juga: Tiga Kopi Arabika Asal Indonesia Jadi Suguhan di KTT ke-43 ASEAN

Request-nya adalah yang pasti makanan harus mewah, megah, nikmat, enak. Dan juga yang pasti chef muda seperti teman-teman kita yang ada di sini, kecuali beberapa yang sudah tua seperti saya, untuk diangkat dan juga diberikan panggung di acara internasional KTT ini dengan makanan Indonesia,” ujarnya.

Menu Gala Dinner Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN dibagi menjadi dua yaitu untuk tamu VVIP (Very Very Important Person) terdiri dari kepala negara dan pemimpin organisasi internasional  dan VIP (Very Important Person). 

Berikut daftar menu non-vegetarian dan vegetarian, dikutip dari siaran pers tim komunikasi KTT ke-43 ASEAN:

Menu pembuka (appetizer

Tamu VVIP: Kepiting Andaliman dari Sumatera Utara, terdiri dari mud crab salad (salad kepiting), buah semangka, andaliman pepper aioli (saus aioli andaliman), pumpkin seeds (kuaci), dan baby spinach (bayam). 

Tamu VIP: ASEAN Assiette (“piring” ASEAN) berupa chicken mushroom terrine (ayam jamur dimasak terrine-seperti kornet), bebek betutu tart (tarbebek betutu), beef curry puff (karipap sapi), dan seafood roulade (seafood gulung).

Baca juga: 7 Jajanan Betawi yang Dapat Dicicipi Selama KTT ASEAN 2023

Hidangan utama (main course

Tamu VVIP: Daging Kecap dari Jawa terdiri dari soy glazed Lampung wagyu cheek (daging pipi sapi masak kecap Lampung), kenikir chimichurri (saus kenikir), kentang, dan kubis brussel. 

Tamu VIP: Nasi Campur Nusantara dari Sumatera Barat dan rawon dari Jawa Timur. Sajiannya terdiri dari nasi kemangi, braised beef short rib (iga sapi) dengan kuah rawon, acar timun, sosis ayam, dan sambal ayam pop.

Baca juga: 5 Tempat Makan Rawon Enak di Jakarta, Harga Mulai dari Rp 15.000

Makanan penutup (dessert) vegetarian dan non-vegetarian

Nusantara Urban Forest (IKN) terdiri dari cokelat, spiced banana (pisang berbumbu), jasmine apple (apel melati), dan matcha moss (saus teh hijau). 

Menu vegetarian pembuka (appetizer):

Tamu  VVIP: Salad Semangka dari Sumatera Utara terdiri dari keju ricotta, kuaci, saus mustard, dan daun kale. 

Tamu VIP: Rujak Buah Jawa berisi compressed mango (manisan mangga), pickled young papaya (acar pepaya muda), pomelo (jeruk bali), pomegranate (delima), lime gel (agar-agar lemon), tapioca crackers (opak). 

Baca juga: Tips Masak Kubis Brussel, Jangan Lebih dari 5 Menit

Menu vegetarian hidangan utama:

Tamu VVIP: Vichyosse (sup) dari Jawa terdiri dari kentang, kubis brussel, raisin (kismis), cauliflower (bunga kol). 

Tamu VIP: Nasi Campur Nusantara dan Rawon, seperti pada menu VIP nonvegetarian.

Pescetarian (diet protein selain ikan): Nasi Campur Nusantara dan Coconut Curry (kari santan) yang merupakan masakan Sumatera Barat dan Jawa. Terdiri dari nasi kemangi, gulai seabass, acar timun, jamur saus kelapa, sambal pop, opak, dan minyak daun kari.

Baca juga:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com