Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Roti Abon Empuk ala Toko Roti, Kuncinya Pakai Telur Dingin

Kompas.com - 25/08/2023, 10:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kamu termasuk pencinta roti buatan toko roti yang ada di Mall? Salah satu menu roti yang favorit adalah, roti abon. 

Sebetulnya, kamu bisa coba sontek dan ikuti resep roti abon ala toko roti di Mall dengan bahan sederhana di rumah. Salah satu tips membuatnya cukup mudah yaitu dengan menggunakan telur dingin yang baru saja dikeluarkan dari lemari es. 

Sebagai bahan olesan roti agar lebih enak, gunakan campuran mayones dan susu kental manis. Setelah itu, taburkan dengan abon sapi agar melekat dan lengket. 

Simak resep roti abon dari buku "Ceceromed Kitchen – Bongkar Rahasia Resep Makanan Viral" (2023) oleh S.J. Tsurayya terbitan Gramedia Pustaka Utama. 

Baca juga:

Resep roti abon ala toko roti

Bahan 

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi 
  • 27 gram susu bubuk 
  • 11 gram ragi instan 
  • 60 gram gula pasir
  • 1/2 sdt bread improver
  • 4 butir kuning telur dingin
  • 225 ml air es
  • 100 gram margarin
  • 5 gram garam 

Bahan olesan 

  • 6 sdm mayones
  • 1 saset susu kental manis

Bahan taburan 

  • 200 gram abon sapi

Cara membuat roti abon ala toko roti

  1. Siapkan mixing bowl, tempatkan tepung terigu, susu, ragi instan, gula pasir. Campur dan aduk hingga empuk, setelah itu tambahkan sekitar 1/2 sdt bread improver, jika ada. Aduk hingga semua bahan rata. 
  2. Tuang empat butir telur dingin, tuang air es, aduk hingga semua bahan tercampur rata. 
  3. Uleni dengan mikser roti dengan kecepatan rendah selama 2 menit, tambahkan margarin atau butter lebih bagus. Uleni sambil tambah dengan garam sebanyak 5 gram. 
  4. Jika belepotan matikan mikser, rapikan adonan agar margarin dapat merata. Uleni dengan kecepatan sedang selama 20 menit. 
  5. Keluarkan adonan, rentangkan apakah adonan elastis atau tidak. Jika belum elastis, lanjutkan dengan dua menit sehingga total menguleni selama 27 menit dengan kecepatan sedang. 
  6. Keluarkan adonan, taruh di meja kerja. Adonan yang bagus sudah elastis dan lembut. Bentuk bulat dan permukaannya licin. Tutup dulu selama 10 menit dengan plastik wrap. 
  7. Buka penutupnya, timbang sekitar 940 gram, bagi menjadi 12 bagian sama beratnya sekitar 82 gram. 
  8. Masing-masing bagian bentuk menjadi bulat kemudian pipihkan dan bentuk oval. Pipihkan dengan rolling pin sampai tipis, gulung sampingnya dan ujungnya dicubit. Bagian tengahnya menggembung. 
  9. Taruh di loyang yang sudah diolesi dengan margarin, tutup dengan kain dan diamkan selama 60-90 menit. 
  10. Panggang dalam oven di suhu sekitar 180 derajat celsius selama 20-30 menit. Kalau sudah cokelat, keluarkan dari oven, dinginkan. 
  11. Buat olesan: Campur mayones dengan susu kental manis, aduk rata. 
  12. Iris roti di bagian tengahnya, beri olesan bagian tengahnya pakai sendok. 
  13. Rekatkan adon dengan bahan olesan. Gunakan agar tebal agar abon menempel dengan sempurna. Kamu bisa menggunakan abon sapi berkualitas bagus agar tampilannya lebih menggugah selera. 

Buku "Ceceromed Kitchen – Bongkar Rahasia Resep Makanan Viral" (2023) oleh S.J. Tsurayya terbitan Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com