Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Katering Barbeque di Jakarta, Mulai Rp 300.000 Bisa Makan Steak Wagyu

Kompas.com - 08/08/2023, 08:03 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Grill Me Jakarta menawarkan layanan barbeku rumahan hingga acara besar dengan ragam pilihan daging.

Potongan daging sapi prime dan secondary tersedia di sini. Semua dagingnya diimpor dari Australia, Amerika, dan Jepang.

Daging sapi tersebut meliputi tenderloin, sirloin, rib eyeoyster bladeflat iron, dan picanha.

"Kualitas yang kami pakai semuanya wagyu, kalau yang US itu US Prime. Wagyu australia yang dipakai itu MBS 45 sampai MBS 89. Kami cari yang full blood, benar-benar selektif brand dagingnya," jelas Stanis J, Chef Owner Grill Me Jakarta.

Grill Me Jakarta menyediakan beberapa paket barbeque seharga mulai Rp 6 jutaan yang terdiri dari daging, saus, kentang goreng, hingga minuman.

Bila dirata-ratakan, kisaran harga makan steak dari Grill Me Jakarta adalah Rp 300.000-an hingga Rp 1 jutaan per orang.

Grill Me Jakarta menyediakan beberapa paket barbeque seharga mulai Rp 6 jutaan yang terdiri dari daging, saus, kentang goreng, hingga minuman.KOMPAS.com/MIFTAHUL RIZKY Grill Me Jakarta menyediakan beberapa paket barbeque seharga mulai Rp 6 jutaan yang terdiri dari daging, saus, kentang goreng, hingga minuman.

Paket barbekunya dimulai dari 15-25 orang, yakni BBQ Service Basic, Grill Me Favourite, Grill Me Finest, dan Grill Me Fanatics.

Semakin banyak porsi yang dipesan, harga rata-rata per orangnya menjadi lebih murah.

Sebut saja BBQ Service Basic 15 orang yang terhitung Rp 378.000 per orang, sementara BBQ Service Basic 25 orang terhitung Rp 299.000-an bila dirata-ratakan per orangnya.

Paket barbeque paling dasar terdiri dari Sirloin Hide, Chicken Boneless, Beef Sausages, French Fries, BBQ Sauce, Mushroom Sauce, Mix Vegetables, dan Ice Lemon Tea.

Ada tambahan Wagyu Ribeye Mbs 5+, Bone Marrow Garlic Seasoned, Wagyu Katsu Sando, Pasta Carbonara Smoked Bacon, Mushroom Sauce, Chicken Wings, Caesar Salad, Bone Marrow Garlic Seasoned, Lobster Garlic Butter, hingga Free Dessert untuk paket barbeque lainnya.

Baca juga:

Grill Me Jakarta menyediakan potongan daging sapi prime dan secondary. Semua dagingnya diimpor dari Australia, Amerika, dan Jepang.KOMPAS.com/MIFTAHUL RIZKY Grill Me Jakarta menyediakan potongan daging sapi prime dan secondary. Semua dagingnya diimpor dari Australia, Amerika, dan Jepang.

Tambahan daging berupa Wagyu Tenderloin mbs 12 Full Blood, Angus Prime Sirloin, USDA Prime Tomahawk, dan Wagyu Japanese A5 Ribey tersedia seharga Rp 880.000 hingga Rp 3,7 jutaan per kilogram.

Menu opsional untuk melengkapi acara makan-makan juga bisa dipesan, di antaranya adalah Norwegian Salmon, Chicken Boneless, Truffle French Fries, Potato Wedges, Beef Sausages, dan Scallop seharga Rp 66.000 hingga Rp 700.000 per kilogram.

Lainnya, ada OG Wagyu Burger, Classic BBQ Wagyu Burger, Pasta Aglio Olio, dan Pasta Pesto seharga mulai Rp 55.000 per satuan.

"Ada live salt bae performances yang bisa dinikmati dan hanya tersedia di paket barbeque premium," tutur Stanis saat ditemui Kompas.com dalam acara BBQ Night Grill Me Jakarta di Rumah Manor Andara, Kamis (27/7/2023).

Grill Me Jakarta memberikan rentang waktu tiga jam untuk satu kali layanan katering barbeku, di luar waktu persiapan.

Pelanggan akan dikenakan biaya tambahan Rp 300.000 per jam bila melebihi batas waktu yang ditetapkan.

Area rumah atau bangunan juga menjadi perhatian saat memesan katering barbeque karena membutuhkan ruangan yang cukup luas. Ini menjadi tantangan bagi Grill Me Jakarta.

"Kadang, kami menemukan area yang belum pernah dicoba dan mesti menyesuaikan dengan cepat untuk membuat pelanggan puas dengan pelayanannya," kata Stanis.

Jika tak memungkinkan, Grill Me Jakarta akan merekomendasikan tempat barbeque untuk pelanggan. Salah satunya adalah The Manor Andara.

The Manor Andara berlokasi di Depok, Jawa Barat dan sudah bekerja sama dengan Grill Me Jakarta. Pelanggan bisa mendapatkan harga paket khusus untuk layanan makan sekaligus tempat barbekuan.

Grill Me Jakarta memberikan rentang waktu tiga jam untuk satu kali layanan katering barbeku, di luar waktu persiapan.KOMPAS.com/MIFTAHUL RIZKY Grill Me Jakarta memberikan rentang waktu tiga jam untuk satu kali layanan katering barbeku, di luar waktu persiapan.

Mulai dari jualan daging

Kecintaan Stanis pada daging, khususnya steak, membawa dia memulai bisnis pertamanya pada 2015.

Katering barbeku bukan usaha pertamanya, melainkan pengembangan dari bisnis daging sapi impor yang baru dimilikinya saat itu.

Stanis menjual daging sapi impor melalui Instagram dan mendapat banyak pesanan daging untuk acara barbeku.

"Setiap kali memesan banyak daging, mereka nanya, ini bisa sewa alat panggang dan ada yang masakin gak? Waktu itu saya belum kepikiran soal barbeque service," ujar Stanis.

Usaha katering barbeque pun dimulai ketika Stanis mendatangi pameran makanan dan menemukan layanan jasa serupa. Dari sana, ia mulai memelajari bisnis ini.

Penawaran katering barbeque ia mulai dari orang terdekat di sekitarnya hingga media sosial Instagram dan mendapatkan empat hingga lima pesanan dalam satu tahun.

Pengetatan aturan makan di luar saat pandemi Covid-19 sempat membuat Grill Me Jakarta kesulitan. Sebab, konsep barbeque identik dengan keramaian, meskipun di kawasan rumah.

Stanis mengatakan, usahanya vakum selama satu bulan pada awal pandemi Covid-19 dan mengalami penurunan pesanan.

"Perkantoran gak bikin acara, rumahan pun tidak membuat acara ramai-ramai, tetapi waktu itu kami membuat paket barbeque untuk lima orang," jelas Stanis.

Protokol kesehatan pun diikuti Stanis dan timnya yang turun langsung melayani pelanggan, terutama penggunaan face shield dan sarung tangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com