Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kulawarga Bali, Tempat Makan Ayam Betutu Halal Bercita Rasa Autentik

Kompas.com - 07/08/2023, 17:02 WIB
Hotria Mariana,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bali tidak hanya terkenal dengan keindahan alam dan kekayaan budaya, tetapi juga dengan kelezatan serta keragaman kuliner.

Salah satu makanan khas Bali yang wajib dicoba adalah ayam betutu. Menu ini terbuat dari ayam utuh yang dilumuri bumbu khas Bali, kemudian diungkep dengan api kecil selama beberapa jam agar bumbu meresap sempurna. Bumbu tersebut adalah bumbu genep, bumbu wewangenan, minyak kelapa, dan garam.

Bumbu genep sendiri terdiri dari bawang merah, kencur, kemiri, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, laos, cabai rawit, serai, gula merah, terasi, daun limau, dan daun salam. Sementara, bumbu wewangenan adalah bumbu tambahan yang terdiri dari daun jeruk purut, daun salam, serai, dan lengkuas.

Sensasi gurih dan pedas yang dihasilkan kedua bumbu itu membuat ayam betutu punya cita rasa yang unik. Disajikan sendiri dengan nasi saja sudah mantap. Apalagi, jika ditambah dengan plecing kangkung, sambal terasi, kacang goreng, dan sambal matah.

Jika Anda ingin menikmati ayam betutu dengan cita rasa autentik, ada satu tempat yang bisa dikunjungi, yaitu Ayam Betutu Kulawarga Bali.

Baca juga: Asal-usul Ayam Betutu, Makanan Pedas Terenak di Dunia Versi CNN

Kulawarga Bali terletak di Kawasan Legian Kuta.Dok. Kulawarga Bali Kulawarga Bali terletak di Kawasan Legian Kuta.

Ayam Betutu Kulawarga Bali adalah rumah makan yang menyajikan berbagai makanan Bali halal dengan cita rasa khas, salah satunya ayam betutu. Usaha yang berdiri sejak 2021 ini merupakan usaha keluarga yang para anggotanya adalah pencinta kuliner dan travelling.

Restoran itu menyediakan dua pilihan ayam betutu, yaitu betutu original dengan kuah kuning yang kaya rempah dan betutu goreng yang renyah di luar dan lembut gurih di dalam. Keduanya menggunakan bumbu khas Bali yang ditumbuk manual sesuai resep asli. Bahan-bahan yang digunakan untuk menu tersebut juga dipilih yang terbaik dan segar.

Selain ayam betutu, Kulawarga Bali juga menyediakan sajian khas Bali lainnya, seperti lawar ayam, sate lilit ayam, hati ampela goreng, dan aneka minuman segar. Semuanya khas Kulawarga Bali.

Baca juga: Ayam Betutu dan Rendang Masuk Daftar 20 Makanan Pedas Terenak di Dunia

Anda bisa menikmati semua sajian itu di tempat yang luas dan bersih, dengan toilet dan tempat parkir yang memadai. Ayam Betutu Kulawarga Bali cocok untuk makan bersama keluarga dan teman maupun untuk makan siang sambil meeting dengan rekan kerja.

Jika tertarik untuk mencoba ayam betutu di Kulawarga Bali, Anda bisa mengunjungi lokasi mereka di Jalan Campuhan 2 Nomor 57, Legian Kuta, Bali. Untuk mempermudah Anda menuju tempat makan ini, ketik langsung "Ayam Betutu Kulawarga" di aplikasi Google Maps.

Ikuti juga Instagram @kulawarga.bali dan Tiktok @kulawarga.bali untuk mendapatkan informasi terbaru dan promo menarik Ayam Betutu Kulawarga Bali. Sementara untuk melihat menu lengkapnya, Anda bisa mengunjungi laman web kulawarga.com.

Kulawarga Bali buka setiap hari dari jam 10.00 sampai 19:00 WITA. Jadi, tunggu apa lagi? Segera datang dan rasakan sendiri kuliner khas Bali yang halal dan menghangatkan di Ayam Betutu Kulawarga.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com