Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/08/2023, 13:03 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Beberapa orang mungkin saat akan menikmati buah pepaya, sering kali bijinya langsung dibuang begitu saja. Padahal dalam beberapa penelitian biji pepaya punya kandungan baik dalam tubuh.

Dilansir dari Healthline, simak penjelasan seputar apakah biji pepaya aman dikonsumsi oleh manusia? Dan apakah hal tersebut bisa memengaruhi kesehatan?

Buah pepaya untuk melancarkan haidPIXABAY/MICKEY MAD Buah pepaya untuk melancarkan haid

Apakah biji pepaya aman dikonsumsi?

Dilansir dari laman Heathline, biji pepaya mengandung polifenol dan flavonoid yang tinggi. Kedua senyawa tersebut bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Lebih jauh, kedua antioksidan tersebut bisa membantu melawan radikal bebas untuk mencegah stres oksidatif. Terlebih, biji pepaya juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggu yang dirasa cukup sehat.

Biji pepaya juga memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Seperti yang diketahui, asupan serat yang cukup bisa membantu tubuh mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol.

Baca juga:

Selain itu, mengonsumsi serat yang banyak juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Melihat dari kandungan baik yang ada di dalam biji pepaya, ada beberapa manfaat baik yang bisa didapatkan.

Seperti melindungi fungsi ginjal, membantu melawan infeksi, memiliki sifat antikanker dalam tubuh, dan bisa meningkatkan kesehatan pencernaan.

Ilustrasi buah pepaya, biji pepaya.UNSPLASH/ALEXEY DEMIDOV Ilustrasi buah pepaya, biji pepaya.

Walau memiliki banyak kandungan dan manfaat baik dalam tubuh, biji pepaya tetap memiliki potensi masalah kesehatan yang mengincarnya.

Seseorang yang mengonsumsi biji pepaya dalam jumlah tinggi bisa mendatangkan masalah kesehatan, karena biji pepaya punya kandungan benzyl isothiocyanate bisa menyebabkan kerusakan yang signifikan pada DNA seseorang, menurut beberapa penelitian.

Selain itu, kandungan tersebut juga memiliki sifat toksik pada sel yang sehat.

Namun, tepatp butuh penelitian lebih lanjut pada seseorang yang mengonsumsi satu porsi biji pepaya.

Jadi, biji pepaya punya gizi tinggi dan baik untuk kesehatan tetapi mengonsumsi biji pepaya dalam jumlah tinggi bisa membuat masalah pada tubuh.

Nikmati buah pepaya yang manis untuk berbagai hidangan enak.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com