Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2023, 17:28 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.comPizza roll alias piza gulung ini terbilang mudah dibuat dan dapat dijadikan bekal sekolah anak. Kamu bisa membuat roti piza sendiri atau beli jadi.

BBC Good Food membagikan resep roti piza. Salah satu kunci keberhasilan membuat roti piza adalah telaten karena butuh waktu sekitar dua sampai tiga jam untuk mengembangkan adonan roti.

Sementara itu, kamu dapat menggunakan saus piza siap pakai atau bikin sendiri saus marinara.

Kamu bisa menjadikan pizza roll pelengkap bekal sekolah untuk anak. Simak cara membuat pizza roll berikut.

Baca juga:

Resep pizza roll

Bahan pizza roll

  • 450 gram tepung terigu protein tinggi
  • 5 gram ragi kering aktif
  • 2 sdt minyak zaitun, lebihkan untuk proofing
  • 1 sdm tepung maizena
  • 175 gram saus piza
  • 100 gram mozzarella parut
  • 75 gram pepperoni
  • Daun basil segar secukupnya, cincang

Baca juga:

Cara membuat pizza roll

  1. Masukkan tepung dan ragi ke dalam mangkuk besar. Tambahkan satu sendok teh gula dan 1 1/2 sendok teh garam, aduk hingga rata.
  2. Tambahkan 300 mililiter air hangat dan dua sendok teh minyak, campur dengan tangan atau mikser sampai terbentuk adonan.
  3. Jika kamu membuat roti piza menggunakan tangan, ratakan adonan ke permukaan meja bersih dan uleni selama 10 menit hingga adonan terasa halus dan elastis, atau uleni menggunakan mikser selama lima menit.
  4. Bersihkan mangkuk dan olesi dengan sedikit minyak, masukkan adonan dan biarkan di tempat yang hangat selama dua jam atau sampai cukup mengembang berukuran dua kali lipat.
  5. Kamu juga bisa memasukkan adonan ke dalam kulkas semalaman. Lalu, biarkan di suhu ruang sebelum adonan dibentuk.
  6. Lapisi loyang kue berukuran 22 sentimeter atau wajan tahan oven dengan kertas roti dan taburkan satu sendok teh tepung maizena.
  7. Taburkan tepung maizena yang tersisa di atas permukaan meja bersama dengan sedikit tepung terigu lalu taruh adonan di atas meja.
  8. Giling adonan menjadi persegi panjang, sekitar 35 cm x 45 cm. Oleskan saus piza di atasnya, lalu taburkan keju, pepperoni, dan basil.
  9. Dari sisi yang lebih panjang, gulung adonan dengan erat sampai bentuknya seperti sosis.
  10. Gunakan pisau tajam untuk memotongnya menjadi delapan bagian, dan atur bagian yang dipotong di atas loyang atau wajan.
  11. Tutupi dengan longgar dan biarkan selama 30 menit sampai gulungan terlihat ringan dan mengembang.
  12. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat celsius. Panggang piza gulung selama 30 sampai 35 menit hingga berwarna coklat keemasan dan kejunya lumer. Keluarkan dari oven.
  13. Dinginkan selama lima menit sebelum disajikan. Paling enak dimakan dalam 24 jam.
@my.foodplace Yang suka pizza yuk merapat!! Foodplace mau kasih kamu rekomendasi pizza yang super guede, namanya @sliced_pizza! Diameter pizzanya sampai 30 cm lho.. kenyang banget gak tuh? Selain pizza dengan toping gurih, Sliced Pizzeria juga punya pizza dengan topping manis yang bisa kamu coba.. Kalau soal rasa, Sliced Pizzeria bakal bikin nagih, karena variannya tuh banyak banget! Ada Pizza Carnivor, Special Truffle, Beef Aioli, Neue Pepperoni, Cheese Burger, Quattro Formagi Tartufo dan masih banyak lagi! Ada juga menu pizza dengan topping manis yaitu, Pizza Nutella! Untuk 1 sliced pizza, harganya dibandrol mulai Rp 30 ribuan aja lho.. Kepoin IG nya deh buat cari tahu tentang Sliced Pizzeria di @sliced_pizza Atau cobain langsung di salah satu cabang Sliced Pizzeria yang ada di : ????Jl. Tulodong Bawah No.1A, RT.8/RW.4, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. #kulinerjkt #pizza #slicedpizza #pizzeria #jktfood #enakgaknih #food #foodie #foodplace #kompascom #fyp #fyp? #foryou ? Dj Kamu Nanya Fyp Bass Beton - Boris Sitepu

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com