Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Pizza Neapolitan dan Bedanya dengan Pizza Lain?

Kompas.com - 23/07/2023, 10:10 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bila pernah mencicipi atau sekedar mendengar pizza margarita dan pizza marinara, kedua jenis piza tersebut merupakan variasi pizza neapolitan

Menurut Salvatore Cuomo, koki asli Italia, pizza neapolitan merupakan makanan yang mulanya dijual di luar restoran.

Alias, piza ini dikenal sebagai street food di Italia.

Pizza neapolitan dibuat dari bahan-bahan sederhana. Ini yang membedakannya dengan jenis piza lainnya.

"Adonan pizza neapolitan tidak menggunakan minyak dan susu sama sekali," ujar Salvatore dalam acara bincang ABC Cooking Studio X Casa Cuomo Ristorante, Senin (17/7/2023).

Koki yang dikenal sebagai pionir pizza neapolitan di Asia ini mengatakan, jenis piza ini hanya dibuat dari tepung, air, ragi, dan garam.

Menurutnya, bahan-bahan lain bisa saja dicampurkan ke dalam pizza neapolitan. Namun, biasanya akan ditambahkan setelah piza matang, bukan ke dalam adonannya.

Baca juga:

ilustrasi pizza italia. Pizza salah satu jenis makanan ultra proses. Studi baru menemukan makanan ultra proses terkait dengan penyebab kematian dini di Brasil.shutterstock/V. Matthiesen ilustrasi pizza italia. Pizza salah satu jenis makanan ultra proses. Studi baru menemukan makanan ultra proses terkait dengan penyebab kematian dini di Brasil.

Topping pizza neapolitan juga sederhana. Biasanya diberi olesan saus tomat, keju, dan daun basil sebagai pelengkap.

Adonan pizza neapolitan kemudian dipanggang dalam oven, baik manual maupun otomatis, dengan suhu 232 derajat celsius.

Pizza neapolitan bisa dimakan dengan cara apapun. Paling umum, orang Italia akan melipat piza ini seperti dompet, lalu menyantapnya langsung dengan tangan.

"Kami biasanya tidak memotong pizza neapolitan dengan tangan. Bagian pinggir piza ini lumayan lebar, jadi kami menyobeknya dengan tangan," kata Salvatore.

Sobekan piza kemudian dicelup ke dalam saus dan langsung dinikmati. Gurih asam rasa pizanya akan menyatu dengan tekstur renyah dari kerak pinggiran.

Namun demikian, Salvatore tidak menyalahkan bila ada yang menyukai pizza neapolitan dan menyantapnya menggunakan alat makan, seperti pisau dan garpu. Hal ini boleh saja dilakukan.

Baca juga:

@my.foodplace Yang suka pizza yuk merapat!! Foodplace mau kasih kamu rekomendasi pizza yang super guede, namanya @sliced_pizza! Diameter pizzanya sampai 30 cm lho.. kenyang banget gak tuh? Selain pizza dengan toping gurih, Sliced Pizzeria juga punya pizza dengan topping manis yang bisa kamu coba.. Kalau soal rasa, Sliced Pizzeria bakal bikin nagih, karena variannya tuh banyak banget! Ada Pizza Carnivor, Special Truffle, Beef Aioli, Neue Pepperoni, Cheese Burger, Quattro Formagi Tartufo dan masih banyak lagi! Ada juga menu pizza dengan topping manis yaitu, Pizza Nutella! Untuk 1 sliced pizza, harganya dibandrol mulai Rp 30 ribuan aja lho.. Kepoin IG nya deh buat cari tahu tentang Sliced Pizzeria di @sliced_pizza Atau cobain langsung di salah satu cabang Sliced Pizzeria yang ada di : ????Jl. Tulodong Bawah No.1A, RT.8/RW.4, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. #kulinerjkt #pizza #slicedpizza #pizzeria #jktfood #enakgaknih #food #foodie #foodplace #kompascom #fyp #fyp? #foryou ? Dj Kamu Nanya Fyp Bass Beton - Boris Sitepu

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com