Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Membuat Adonan Pizza Tanpa Ragi, Masak Dulu Topping Sayuran

Kompas.com - 20/07/2022, 07:04 WIB
Nuril Laili Azizah

Penulis

KOMPAS.com - Ragi roti adalah jenis ragi yang biasanya digunakan untuk memanggang roti. Ragi berfungsi sebagai bahan pengembang dan adonan menjadi ringan lebih lembut.

Ragi juga sering dipakai untuk adonan pizza, menghasilkan roti yang empuk, sedangkan roti pizza tanpa ragi akan lebih renyah.

Simak tips membuat adonan pizza tanpa ragi, dikutip dari laman Masterclass.com, ada beberapa pertimbangan perlu diperhatikan saat membuat adonan tanpa pengembang, berikut selengkapnya.

Baca juga:

Tips membuat adonan pizza tanpa ragi:

1. Perhatikan resep pizza

Sebelum memulai membuat adonan, baca kembali resep pizza yang akan digunakan. Terutama bagi kamu, pertama kali mencoba adonan tanpa ragi. 

Hal ini membantu memahami berbagai bahan dan bagian yang ingin ditonjolkan dalam resep pizza.

2. Tambahkan rasa

Resep adonan pizza biasa sangat bergantung pada ragi dan proses fermentasi menambah rasa pada roti. Sementara adonan tanpa ragi rasa lebih ditonjolkan pada bahan lain. 

Kamu dapat menambahkan beberapa bumbu bawang putih atau bumbu khas Italia seperti oregano, bubuk paprika, rosemary, thyme kering dan keju.

3. Gunakan kertas roti atau tepung jagung

Adonan tanpa ragi cenderung lebih lengket dibandingkan adonan biasa, supaya tidak lengket gunakan kertas roti pada loyang atau taburkan tepung jagung. 

Tepung jagung adalah pilihan tepat karena mampu menciptakan penghalang kasar antara adonan dan permukaan peralatan memanggang.

4. Masak sayur terlebih dahulu

Memberi topping sayuran seperti paprika, bawang bombai, atau tomat segar, sebaiknya masak terlebih dahulu sebelum mengaturnya di atas adonan pizza.

Memasak sayuran lebih dahulu mencegah pizza menjadi basah sebab air sayuran akan keluar dan menguap. Selain itu, memasak sayuran akan lebih menonjolkan rasa.

5. Panggang adonan

Panggang sebagian adonan pizza untuk membentuk lapisan pada adonan sebelum menambahkan berbagai topping, sekitar 10 menit.

Beberapa topping bersifat basah sehingga perlu membuat permukaan pada adonan. Setelah itu tambahkan topping pizza seperti saus tomat, sayuran dan keju mozzarella.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com