Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sama-sama Tempat Makan, Apa Bedanya Restoran dan Lounge?

Kompas.com - 23/06/2023, 13:06 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Restoran jelas memiliki fungsi sebagai tempat makan. Namun, ada juga sebutan lounge yang biasa terdapat di bandara. apa itu lounge

Lounge mirip dengan restoran, menawarkan makanan dan minuman untuk orang yang datang.

Namun, perlu diketahui bahwa fungsi utama lounge tidak seperti restoran, di mana tersedia banyak menu yang bisa dibeli, lalu disantap langsung atau dibawa pulang.

Fungsi utama lounge adalah sebagai area tunggu. Beberapa orang yang menunggu jadwal keberangkatan di bandara biasa memilih tempat ini untuk beristirahat.

Namun, tak salah bila menganggap lounge sebagai restoran. Sebab, tempat ini juga memiliki beberapa menu yang bisa dinikmati pelanggan.

"Makanan di lounge biasanya self serfice seperti buffet. Kamu bisa ambil makanan dan langsung menikmatinya," kata Siew Yee Cheng, Regional Head of Marketing of Plaza Premium Group.

Ada juga lounge yang menawarkan menu satuan layaknya restoran biasa. Bahkan, sudah disusun dalam set menu.

Hal yang membedakan lounge dengan restoran adalah fasilitasnya.

Baca juga:

Flight Club Airport Dining.DOK. Flight Club Bali Flight Club Airport Dining.

Pelanggan restoran biasanya hanya bisa makan. Paling tidak, pergi ke toilet untuk mencuci tangan atau buang air.

Lounge lebih dari itu. Area istirahat ini menawarkan tempat mengisi baterai telepon dan laptop, ruang nyaman untuk menunggu dan rapat, hingga tempat mandi.

Sistem pembayarannya pun berbeda. Pelanggan restoran akan ditagih berdasarkan banyaknya makanan yang dipesan, sementara lounge tidak selalu demikian.

"Tamu lounge akan membayar untuk masuk ke area sesuai dengan durasi yang dijanjikan, misalnya dua hingga tiga jam," ujar Cheng dalam acara Exclusive Media Trip di Flight Club Bali, Rabu (21/6/2023).

Baca juga:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com