Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Hewan Kurban di Tangsel Meningkat Tahun Ini

Kompas.com - 16/06/2023, 18:12 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penjualan hewan kurban kian meningkat pada 2023 bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, termasuk saat pandemi.

Hal ini diakui oleh sejumlah penjual hewan kurban di Tangerang Selatan. Salah satunya adalah Randy, penjual hewan kurban CV Faren Lestari.

Peningkatan jual hewan kurban cukup signifikan bagi usahanya. Dua tahun berturut-turut pada pandemi Covid-19 2020 dan 2021, Randy mengalami penurunan omzet.

"Alhamdulillah pas tahun kemarin ada kenaikan cukup pesat. Biasanya kambing terjual 400-an ekor, 2022 kemarin tembus 570 ekor," kata Randy saat ditemui Kompas.com, Kamis (15/6/2023).

Tahun ini, dirinya menyiapkan puluhan ekor sapi kurban dan ratusan kambing yang tersedia jelang Idul Adha.

Kurang dari dua minggu sebelum Idul Adha, sebagian hewan kurban yang dijualnya pun sudah laku terjual.

Hal serupa juga dirasakan oleh Toni, pemilik Sapi Bali Perkasa yang mengaku mengalami peningkatan jual hewan kurban tahun ini.

Baca juga:

Sapi kurban di Tangerang Selatan.Kompas.com/Krisda Tiofani Sapi kurban di Tangerang Selatan.

"Tahun lalu kan ada (penyakit mulut dan kuku) PMK, efeknya jadi jauh menurun untuk penjualan. Kalau sekarang karena sudah oke, jadi masih dua mingguan Idul Adha pun sudah habis 50 persen dijual," ujarnya saat ditemui pada hari yang sama.

Randy dan Toni sama-sama mengakui efek penurunan omzet hewan kurban disebabkan oleh keterbatasan finansial saat pandemi dan PMK.

Menurut Randy, tak banyak yang membeli hewan kurban selama pandemi, ditambah PMK yang menambah kekhawatiran calon pelanggan.

"Ekonomi pembeli, warga Indonesia alhamdulilah masih ada yang mampu, tetapi ada juga yang mungkin finansialnya terganggu," tutur Randy.

Sementara itu, Uci Sanusi, penjual hewan kurban di Serpong, mengaku omzetnya stabil di tengah pandemi hingga masalah PMK tahun lalu.

Ia sengaja tidak menambah jumlah hewan terlalu banyak setiap musim kurban. Uci menyiasatinya dengan jumlah sedikit tetapi pasti terjual selama pandemi.

"Tahun ini gak ada keluhan PMK dan sudah dinyatakan aman dari dinas terkait. Penjualan tahun lalu dan pandemi juga enggak mengalami penurunan, stabil saja," kata dia.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com