Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Coffee Festival 2023 Gencar Sasar Pasar Domestik

Kompas.com - 09/05/2023, 16:59 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - BRI dan Pegadaian Indonesia Coffee Festival 2023 rampung setelah digelar 5-7 Mei 2023 di JiExpo Kemayoran. 

Dari pameran kopi terbesar di Indonesia ini, menunjukkan pasar domestik kopi dalam negeri memiliki potensi tinggi.  

Kita perlu meningkatkan pasar domestik kopi Indonesia dengan cara hilirasi. Momen pameran seperti ini saya harap bisa melakukan hal tersebut,” kata Menteri BUMN, Erick Thohir. 

Ia berharap agar acara BRI dan Pegadaian Indonesia Coffee Festival dapat menggencarkan pangsa pasar domestik. 

Sebab, Indonesia menempati posisi negara penghasil kopi ke empat terbayak di dunia, tetapi konsumsi domestik atas produk kopi Indonesia masih kalah dengan konsumsi ekspor. 

“Bersama-sama, kita dapat mendorong perkembangan industri kopi dalam negeri Indonesia dan meningkatkan kualitas hidup orang-orang yang terlibat di dalamnya.” tutup Erick Thohir.

Baca juga:

Acara ini menghadirkan berbagai kebutuhan bisnis kafe maupun penikmat kopi individual mulai dari biji kopi, mesin espresso, mesin roasting, peralatan, dan perlengkapan barista. 

Ada juga kemasan dan cangkir kopi, agen marketing, pusat penelitian kopi dan juga retail solution seperti sistem point of sales dari berbagai merek terkemuka lokal dan dunia.

“Semoga kolaborasi antara BRI dan Pegadaian dengan Panorama, SCAI, dan PMO Kopi Nusantara dapat membangun sinergi dalalam potensi bisnis kopi nasional antar pemangku kepentingan,” kata Direktur Utama BRI, Sunarso. 

Ilustrasi barista menyeduh kopi. SHUTTERSTOCK/MAVO Ilustrasi barista menyeduh kopi.

“Acara ini (BRI dan Pegadaian Indonesia Coffee Festival) adalah suatu bentuk kontribusi dari Panorama group sebagai pelaku bisnis ekonomi kreatif Indonesia untuk mendukung pengembangan perindustrian kopi,” kata Budi Tirtawisata selaku CEO Panorama Group.

Indonesia Coffee Festival yang disponsori oleh BRI dan Pegadaian juga menghadirkan beberapa acara dan kegiatan untuk dapat memperkuat jaringan para pelaku usaha, dan juga perindustrian kopi Indonesia. 

Acara tersebut di antaranya speed dating investors, dan juga berbagai talkshow menarik. 

Hal yang membuat pameran BRI dan Pegadaian Indonesia Coffee Festival menarik adalah kembali dihelat kompetisi skala nasional bergengsi dan nomor satu di Indonesia yaitu Indonesia Barista Championship (IBC), Indonesia Brewers Cup (IBrC), Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC) 2023. 

Baca juga:

Kompetisi ini yang diselenggarakan oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI – AKSI).

Tidak hanya kejuaraan Barista dan Brewer, tapi juga ada kompetisi Cup of Excellence yang mengumpulkan petani-petani kopi terbaik Indonesia. 

Kompetisi ini diminati oleh banyak para petani karena dapat meningkatkan harga jual kopi produksi petani Indonesia berkali-kali lipat. 

Kualitas produk terbaik para petani dari berbagai provinsi di Indonesia ini juga dapat dinikmati di stan Farmers Village di acara BRI dan Pegadaian Indonesia Coffee Festival 2023.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com